Jogja Pit Ringkes (JPR) dari Komunitas Seli Berevolusi Jadi Road Bike


JPR berfoto bersama ketika launching jersey mereka 6 Mei 2023 lalu

Di Jogja ada komunitas sepeda Jogja Pit Ringkes (JPR). Komunitas ini termasuk yang punya banyak anggota. Jumlahnya sekitar 500 cyclist.

Berawal dari namanya, Jogja Pit Ringkes bisa ditebak klub ini tak jauh-jauh dari sepeda lipat. Pit = sepeda, sedangkan Ringkes = Ringkas. Dan memang benar, klub ini dibentuk berawal dari komunitas sepeda lipat. 

Awal terbentuknya bernama JPR Seli, pada 10 November 2019. Namun karena ada beberapa anggota yang mulai doyan sepeda road bike, akhirnya terbentuklah JPR_RB pada 23 Maret 2021. Sama kemudian komunitas ini terkenal hanya dengan nama JPR.

Anggota JPR sendiri berasal dari berbagai latar belakang. Seperti mahasiswa, Aparatur Sipil Negara (ASN), dokter, karyawan BUMN, pegawai bank, pengusaha, hingga anggota TNI.

JPR termasuk komunitas yang rajin ikuti berbagai event. Baik dalam maupun luar negeri. Salah satu event lokal terdekat yang sedang mereka persiapkan adalah Bromo KOM Challenge 2023. Tahun ini JPR akan kembali ikuti Bromo KOM dengan target finis strong. Bisa lolos under cut off time (COT).

Pembina JPR, Ito Pramusinto mengatakan, beberapa anggota JPR saat ini juga sedang mempertimbangkan ikut event ultra cycling dari Mainsepeda, Three Islands Journey 2023. “Saya dengar dari teman-teman terkait event Three Islands Journey. Beberapa teman tertarik ikut,” kata Ito.


JPR ketika gowes bareng di event launcing jersey

JPR memiliki agenda gowes rutin mingguan. Salah satu agenda gowes rutin mereka beri nama Robusta Rabo Was Wus Yogyakarta. Acara gowes ini digelar tiap Rabu pagi untuk latihan speed.

Ada juga JPR Seton. Digelar tiap Sabtu pagi. Lalu JPR Minggon, tiap Minggu pagi.

Pada Sabtu 6 Mei 2023 lalu JPR juga saja mengadakan Gowes Bersama (Gober) dalam rangka launching jersey 2023. Mereka bersepeda dengan start di Titik Nol Kilometer Jogyakarta, dan finish di sebuah kedai kopi di Jalan Kaliurang.

Selain mengusung semangat gaya hidup sehat, JPR juga punya misi ikut berkontribusi mempromosikan wisata Jogyakarta.

"Bersepeda sangat efektif untuk menjalin silaturahmi sesama anggota maupun komunitas sepeda lainnya. Ini bisa menjadi sarana memajukan dan menggerakan pariwisata Jogjakarta," kata Ito.(Mainsepeda)

Jangan Lupa Tonton Cek Rute Bromo KOM 2023


Link Download GPX Bromo KOM 2023


COMMENTS