Absen di Giro d'Italia, Tom Pidcock Turun di Balapan MTB


Tom Pidcock ketika balapan di Swiss Cup

Ketika balapan klasik musim semi berakhir, ternyata Tom Pidcock (Ineos Grenadiers) tak tampil di Grand Tour, Giro d'Italia 2023. Tom Pidcock memilih mengikuti event balap mountain bike (MTB). Bahkan ia berhasil mencatatkan kemenangan di Swiss Cup, Minggu (7/5) waktu setempat.

Ini sebenarnya bukan pertama Pidcock mengikuti balapan MTB. Ia pertama kali menjajal kompetisi balap MTB pada 2019. Pada 2021 Pidcock juga berhasil meraih medali emas di olimpiade Tokyo untuk disiplin Men Cross Country

Pembalap asal Inggris itu mengawali debut MTB musim ini di Gueret. Namun dia terpaksa mundur sebelum finis karena masalah mekanis di sepedanya.

Di kejuaraan ini Tom Pidcock bersaing ketat dengan para jawara MTB. Salah satunya Mathia Fluckinger (Thomus RN Racing Team) juara nasional Swiss 2022. Lalu Nino Schurter (SCOTT-SRAM MTB Racing Team) yang juga peraih medali emas Olimpiade 2016 kategori MTB.

Pidcock berhasil memimpin 6 dari 9 lap balapan. Sebelum akhirnya harus bersaing dengan Fluckinger hingga akhir balapan.

Pidcock berhasil meraih kemenangan dengan selisih sembilan detik dari Fluckinger yang ada di posisi kedua, dan 47 detik di depan Schurter (posisi ketiga). "Balapan hari ini cukup sulit karena tanjakannya sangat sulit dan juga angin kencang," kata Pidcock.


Tom Pidcock ketika di tanjakan terakhir Swiss Cup

Pidcock menyebut Mathias sangat kuat. Padahal Mathias sempat terjatuh tapi tetap berhasil mendekati Pidcock Mereka berdua kemudian bersaing di puncak tanjakan.

"Ia kuat sekali, saya sedikit kesulitan di tanjakan panjang. Apalagi saya hanya menjalani 20 menit balapan minggu lalu karena masalah mekanis. Senang rasanya bisa balapan hingga finis dan tentunya ini sangat berbeda dengan balapan di jalan raya," tambah pembalap berusia 23 tahun itu.

Kemenangan ini menjadi modal bagus bagi Pidcock yang juga akan bepartisipasi di UCI World Cup 2023, di Nove Mesto, 12-14 Mei 2023. Pidcock berharap dapat meraih kemenangan dan mengamankan jersey putih (jersey pemimpin balapan).(Mainsepeda)


COMMENTS