Pembalap Terpapar Covid, Jumbo-Visma Rombak Tim Jelang Giro d'Italia

                                                                                         Primoz Roglic dan Tobias Foss (Jumbo-Visma) di gelaran Volta Ciclista a Catalunya 2023

Jumbo-Visma merombak skuadnya untuk Giro d’Italia (6/5) karena kasus Covid-19 yang melanda tim asal Belanda itu. Tiga hari jelang Giro d'Italia tim Jumbo-Visma harus dipusingkan dengan beberapa pembalapnya yang harus mundur dari gelaran balapan terbesar di Italia, Minggu (6/5) waktu setempat.

Juara dunia time trial 2022 Tobias Foss dan climber andalan Jumbo-Visma Robert Gesink keluar dari tim karena terjangkit Covid-19. Posisi mereka digantikan oleh Jos van Emden dan Rohan Dennis untuk mendukung Primoz Roglic yang menjadi favorit juara di Giro d’Italia edisi ke-106.

Foss dan Gesink juga mengalami kendala ketika Tour de Romandie lalu, tepatnya di Etape ke-4.

“Mereka mengalami masalah kesehatan dan memutuskan meninggalkan balapan lalu fokus ke Giro d’Italia,” dilansir dari press relase Tim Jumbo Visma kala itu.

Masalah kembali terjadi. Harapan Foss dan Gesink untuk tampil di Giro d’Italia harus pupus dikarenakan virus Covid-19. “Sayangnya Covid kembali menyerang, Tobias Foss dan Robert Gesink akan digantikan oleh Jos van Emden dan Rohan Dennis” dilansir dari unggahan di akun Twitter tim Jumbo-Visma.

Foss dan Gesink sebenarnya termasuk di dalam tim yang membantu Primoz Roglic ketika meraih hattrick di Vuelta a Espana pada 2021 lalu.

                                                              Wilco Kelderman Ketika Balapan di Tirreno Adriatico 2023

Di luar dua nama yang terpapar Covid-19 itu, sebelumnya Wilco Kelderman yang juga dikeluarkan dari tim untuk Giro d’Italia. Pembalap asal Belanda ini mengalami kecelakaan di Tirreno Adriatico. Ia belum pulih sepenuhnya. Sepp Kuss akan menggantikan peran Kelderman untuk membantu Primoz Roglic meraih juara di Roma.

Ini bukan kali pertama bagi pembalap asal Amerika Serikat berpasangan dengan Primoz Roglic. Sepp Kuss turut membantu Roglic meraih juara etape Tour de France 2020 dan ketika Roglic juara di Vuelta a Espana 2021. Kuss juga menjadi partner Roglic di Giro d’Italia 2019.

Lain halnya dengan Rohan Dennis yang baru hanya satu kali mendukung Roglic di balapan. Pembalap asal negeri kangguru itu hanya sekali mendampingi Roglic di balapan, tepatnya di Vuelta a Espana 2022 lalu.

Namun sayangnya tidak berakhir baik karena pembalap asal Slovenia itu mengalami insiden kecelakaan.Ini juga merupakan musim terakhir bagi Rohan Dennis yang memutuskan pensiun setelah musim ini berakhir. (mainsepeda)

Saksikan East Java Journey 2023 Part 3 Full Journey 1200 km


COMMENTS