Juara Tour de Romandie, Gelar WorldTour Pertama Adam Yates untuk Timnya

Adam Yates berhasil mengunci gelar Tour de Romandie. Ini adalah gelar juara WorldTour pertamanya untuk UAE Team Emirates, sejak bergabung di awal tahun 2023 lalu.

Meskipun Adam Yates berakhir di posisi ke 25 pada etape 5, namun ia berhasil menyabet juara Tour de Romandie karena keunggulanya dalam catatan waktu. Etape ke-5 sendiri berhasil dimenangkan oleh Fernanfo Gaviria dari Movistar.

Etape kelima Tour de Romandie memiliki jarak 170,8 km. Start dari Vufflens-La-Ville menuju Geneve dengan elevasi 7,5 persen dan kemiringan 5.000 meter.

Setelah merebut jersey kuning dari rekan setimnya Juan Ayuso di etape ke-4, Sabtu (29/4) waktu setempat di Thyon 2000, pembalap asal Britania Raya itu berhasil mendapatkan keunggulan catatan waktu sebesar 19 detik atas Matteo Jorgenson (Movistar) yang ada di urutan kedua.

Di posisi tiga ada Damiano Carusso (Bahrain-Victorious) serta Max Poole (Team DSM) di urutan keempat.

“Kemenangan ini tentu berkat rekan setim saya yang berhasil mengendalikan balapan dengan sempurna. Ini adalah minggu yang luar biasa. Bagi kami ini kemenangan dua etape yang sangat sempurna,” ujar pembalap yang punya saudara kembar, Simon Yates itu.

Sekarang Adam Yates akan mengalihkan perhatiannya untuk persiapan Tour de France. Ia punya tugas menjadi peran pendukung rekan setimnya, Tadej Pogacar.

“Saya akan istirahat sebentar kemudian baru akan mulai kembali berlatih untuk membuat kondisi saya lebih baik lagi. Semoga saya berada pada kondisi prima dan kami berhasil mencapai tujuan kami di Tour de France,” kata pembalap berusia 30 tahun itu.

Gaviria sang juara etape 5 Tour de Romandie berhasil mencatatkan kemenangan keduanya untuk setelah melakukan sprint cerdik. Di 300 meter menjelang finis, pembalap asal Kolombia itu melaju ke depan menuju tikungan dan berhasil meraih posisi pertama.

Kemenangan ini adalah kemenangan WorldTour pertamanya sejak Tour of Poland pada 2021 lalu. Kemenangan ini sekaligus merupakan podium ke 51 dalam karirnya dan sejajar dengan Nairo Quintana pembalap legendaris asal Kolombia.(mainsepeda)

Hasil Etape 5 Tour de Romandie (Top Ten)

1. Fernando Gaviria, Movistar Team, 3:58:01
2. Nikias Arndt, Bahrain-Victorious, "
3. Ethan Hayter, Ineos Grenadiers, "
4. Milan Menten, Lotto Dstny, "
5. Gianmarco Garofoli, Astana Qazaqstan Team, "
6. Luca Mozzato, Team Arkea Samsic, "
7. Lewis Askey, Groupama-FDJ, "
8. Magnus Cort, EF Education-Easypost, "
9. Matteo Sobrero, Team Jayco Alula, "
10.Dion SMith, Circus-Wanty,"    

General Classification (Top Ten)

1. Adam Yates, UEA Team Emirates,17:12:42
2. Matteo Jorgenson, Movistar Team, +0:19
3. Damiano Caruso, Bahrain-Victorious, +0:27
4. Max Poole, Team DSM, +0:38 
5. Thibaut Pinot, Groupama-FDJ, +0:41
6. Cian Uijtdebroeks, Bora-Hansgrohe, +1:21
7. Romain Bardet, Team DSM, +1:28
8. Egan Bernal, Ineos Grenadiers, +1:53
9. Eddie Dunbar, Team Jayco Alula, "
10.Majka Rafal, UEA Team Emirates, +2:07

 


COMMENTS