Tour de Romandie: Juan Ayuso Drop, Adam Yates Amankan Jersey Kuning di Etape 4

Adam Yates (UAE Team Emirates) berhasil memenangkan Etape 4 Tour de Romandie. Adam Yates juga merebut jersey kuning dari rekan setimnya Juan Ayuso.

Etape 4 Tour de Romandie memiliki rute dari Sion menuju Thyon 2000. Jaraknya 161,6 km dengan elevasi rata-rata 7 persen. Hujan menjadi tantangan tersendiri bagi cyclist di etape 4 Tour de Romandie 

Adam Yates berhasil menjadi juara setelah meninggalkan Thibaut Pinot (Groupama-FDJ), yang finis di posisi kedua. Dan juga Damiano Carusso (Bahrain-Victorious) yang ada di posisi ketiga.

Juan Ayuso secara mengejutkan tumbang di 4 km awal balapan. Performa Ayuso jauh menurun dibanding yang saat tampil di etape 3. Juan Ayuso pun hanya bisa finis di posisi ke-27.

“Ini adalah penampilan yang baik bagi tim kami. Kami awalnya akan berusaha membantu Ayuso mempertahankan jersey kuningnya. Sebab ia berhak memakainya dalam beberapa hari terakhir setelah mengalami cedera yang serius,” ujar Adam Yates dilansir dari Cyclingweekly.

“Kami melakukan semua yang kami bisa untuk membantunya, tetapi kemudian mengatakan bahwa dia kurang fit untuk perlombaan hari ini. Jadi ketika ia mengizinkan saya untuk maju, saya mencoba mendorong sampai garis finis,” sambung Yates.

Ini adalah kemenangan kedua Yates musim ini setelah kemenanganya di Jebel Hafeet di Tur UEA bulan Februari lalu.

Pembalap UEA Team Emirates dan Groupama-FDJ memimpin di depan ketika menuju tanjakan terakhir. Lalu pembalap DSM mempersempit jarak. Di tanjakan akhir hanya tersisa 12 pembalap. Saat itu Ayuso juga mulai tidak bisa mengejar peloton

Romain Bardet (Team DSM) mulai melakukan serangan di 6,7 km menjelang finis, bersama Eddie Dunbar (Jayco-Alula). Adam Yates kemudian membalas. Ia melakukan sprint untuk menangkap Bardet di 4,5 km menjelang finis. Yates pun unggul di depan dan bisa mempertahankan posisinya hingga akhir balapan.

“Senang rasanya bisa menang. Saya mengalami nasib buruk di beberapa balapan terakhir. Saya mengalami kecelakaan di Catalunya. Tapi itu bisa saya manfaatkan untuk beristirahat dan pemulihan cedera. Sekarang di sini saya merasa sangat puas karena bisa menjadi juara,” kata pembalap asal Britania Raya itu.

Tour de Romandie mencapai akhir etape di perbukitan Jenewa, Minggu (30/4). Etape terakhir punya segmen pendakitan terakhir sejauh 50 km menuju garis finis. Seharusnya hal itu tidak menjadi masalah berarti bagi Adam Yates. Jika ia tetap di performa terbaiknya, bukan tidak mungkin ia bisa mempertahankan jersey kuningnya. Sebab Yates punya keunggulan 19 detik di atas Matteo Jorgenson (Movistar Team) di klasemen GC.(Mainsepeda)

Hasil Tour de Romandie Etape 4 (Top Ten)

1. Adam Yates, UAE Team Emirates, 4:40:41
2. Thibaut Pinot, Groupama-FDJ, +0:07
3. Damiano Caruso, Bahrain-Victorious, +0:19
4. Max Poole, Team DSM, +0:21
5. Matteo Jorgenson, Movistar Team, "
6. Cian Uijtdebroeks, Bora-Hansgrohe, +0:23
7. Romain Bardet, Team DSM, +0:45
8. Egan Bernal, Ineos Grenadiers, +0:54
9. Eddie Dunbar, Team Jayco Alula, "
10. Thomas Gloag, Jumbo-Visma, "


COMMENTS