Mulai Rutin Gowes Jarak Jauh, Oljen CC Penasaran dengan Three Islands Journey

Di Makassar ada komunitas road bike yang terbilang baru, namun berkembang sangat pesat. Baik jumlah anggotanya maupun aktivitasnya. Namanya Oljen CC. Komunitas yang baru berusia dua tahun itu kini sudah punya anggota 175 cyclist.

Dalam hal aktivitas gowes, jangan diragukan lagi. Selain gowes rutin, belakangan Oljen juga aktif mengikuti event-event sepeda di luar Makassar. Berbagai kegiatan gowes di berbagai kota sudah dilakukan sepanjang setahun ini. Mulai dari Bira di Kabupaten Bulukumba, Bone, Parepare, Pinrang, bahkan ke Bali.

Tahun ini, puluhan anggota Oljen juga sudah siap menaklukkan Bromo KOM Challenge 2023. “Saya dan teman-teman penasaran dengan event ini. Saya selalu percaya dengan event yang diselenggarakan Mainsepeda yang tak pernah mengecewakan dari fasilitas cyclist dan keamanannya juga,” kata Williem Kwandy, salah satu anggota Oljen yang kerap didapuk sebagai seksi acara.

Oljen CC ketika Gowes ke Rumbia, Jeneponto

Tak hanya itu, Williem juga mengaku anggota Oljen penasaran ingin ikut event ultra Mainsepeda. Apalagi setelah mereka melihat keseruan East Java Journey, baik dari pemberitaan, live tracker, maupun video dokumenternya.

“Saya juga ikut menonton East Java Journey. Mungkin tahun depan mau ikutan, mau persiapan dulu dari sekarang," kata Williem. "Teman-teman juga banyak yang tertarik Three Islands Journey, mungkin nanti mereka ada yang daftar," katanya.

Oljen CC memang belakangan juga mulai mencoba rute-rute jarak jauh. Mereka sempat gowes dari Makassar menuju Tana Toraja. Rute ini menempuh total jarak sekitar 330 km. Dengan elevasi kisaran 2.000 meter. Butuh waktu lebih dari 16 jam untuk menyelesaikan misi tersebut.

Oljen CC punya visi bukan sekadar olahraga bareng. Namun mereka juga ingin terlihat mempromosikan wisata di Sulawesi Selatan. Oleh karena itu, Oljen CC sangat aktif di media sosial. Mereka memanfaatkan media sosial untuk mengunggah konten keindahan destinasi gowes di Sulawesi Selatan (Sulsel). Cara sederhana ini diharapkan menggugah minat cyclist di Indonesia untuk gowes di Sulsel. Sebab wilayah ini punya beragam destinasi gowes yang menarik.

"Kami berharap ke depan bisa bersinergi dengan instansi pemerintah daerah untuk turut mendongkrak pariwisata di Sulawesi Selatan," kata Williem

Oljen CC juga tak hanya berkutat dengan hobi bersepeda saja. Mereka sering melaksanakan kegiatan sosial. Yang rutin dilakukan adalah donor darah. Digelar tiap tiga bulan sekali. 

Pada bulan Ramadhan lalu, Oljen CC juga punya agenda rutin membagikan takjil gratis ke para pengendara. “Di Oljen CC kami mempunyai visi dan misi yang sama. Didasari kesamaan hobi kami ingin bisa memberikan sumbangsih untuk masyarakat sekitar,” terang Williem.

Oljen CC Ketika Berbagi Takjil Gratis di Bulan Ramadhan

Oljen CC sendiri rutin latihan tiap pekan. Mereka juga terbuka dengan anggota baru, termasuk cyclist pemula. Antar anggotanya selama ini tidak segan berbagi ilmu dan keterampilan bersepeda. Harapannya, seluruh cyclist aman saat berkendara di jalan raya.

“Kami terbuka untuk siapapun, syaratnya hanya memang harus hobi bersepeda. Setiap kegiatan sosial dan touring pun Oljen CC tidak memungut biaya yang memberatkan anggotanya. Biasanya jika ada anggota yang memiliki rezeki lebih, mereka sukarela membantu,” cerita Williem.(Mainsepeda)

 


COMMENTS