Evenopel Juara Back to Back Liege-Bastogne-Liege, Pogacar Kecelakaan


Selebrasi Remco Evenopoel di garis ginis

Remco Evenopoel (Soudal-Quickstep) berhasil menjadi jawara Liege-Bastogne-Liege edisi ke-109. Ini adalah kemenangan back to back Evenopoel di penutup Ardenes Classics itu.

Pembalap asal Belgia itu meraih podium pertama mengungguli Tom Piddock (Ineos Grenadiers). Lalu Santiago Buitrago (Bahrain Victorious) di posisi ketiga.

Persaingan sengit antara Evenopoel dan Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) yang diprediksi akan terjadi di Liege-Bastogne-Liege sayangnya tidak terjadi. Pogacar mengalami kecelakaan di tanjakan Cote de la Roche.

Pembalap asal Slovenia itu bertabrakan dengan Mikkel Honore (EF Education-Easypost) ketika balapan mencapai kilometer 85. Akhirnya juara  La Fleche Wallonne 2023 itu harus meninggalkan balapan lebih cepat karena mengalami cedera. “Pogacar mengalami cedera di berbagai titik, namun yang paling parah adalah di bagian lengannya,” kata Mauro Gianetti Direktur UAE Team Emirates dilansir dari BBC Sport.


Insiden kecelakaan di Cote de la Roche yang melibatkan Tadej Pogacar (UAE Team Emirates)

 Pembalap berusia 24 tahun itu langsung menjalani operasi pada Minggu malam waktu setempat. Dia akan kembali ke Slovenia untuk menjalani rehabilitasi dan pemulihan lebih lanjut.

Jatuhnya Pogacar tentu mengubah jalanya perlombaan. Evenopoel melenggang mulus menuju finis dan unggul cukup jauh di depan pesaing terdekatnya Tom Piddock ketika balapan tersisa 30 kilometer menjelang garis finis. Kemenangan Evenopoel juga berhasil menyelamatkan timnya Soudal-Quickstep dari performa buruk di balapan klasik. Soudal-Quickstep memang gagal tampil di level tertinggi mereka seperti yang mereka lakukan di balapan klasik musim lalu. Kemenangan Evenopoel berhasil menyelamatkan muka tim Soudal-Quickstep.

“Sangat menyenangkan rasanya bisa juara dua kali berturu-turut, saya sangat bangga bisa juara di sini dengan seragam juara dunia,” ujar Evenopoel dilansir dari cyclingnews.

 “Ini adalah balapan yang sulit karena kondisi cuaca hujan dan jalanan yang cukup licin. Tapi berkat dukungan dari tim yang luar biasa, saya dapat meraih podium. Kami mengikuti rencana awal kami, yaitu menyerang setelah tanjakan La Redoute, di situ saya yakin akan dapat menciptakan perbedaan yang besar dari tim pengejar dibelakang,” tambah juara Volta a Catalunya itu.

Mengenai kecelakaan yang dialami Tadej Pogacar, Evenopoel mengatakan cukup shock. "Saya mendengar suara yang mengerikan ketika itu terjadi. Anda tidak pernah menginginkan hal seperti itu terjadi. Semua doa dan dukungan saya untuknya, dan saya harap dia akan cepat pulih,” tutup pembalap asal Belgia itu.

Ini merupakan kemenangan pertamanya musim ini di Belgia. Kesuksesan ini juga tentunya persiapan yang bagus menjelang Giro d’Italia mendatang. Evenopoel juga menjadi favorit menjadi juara di Grand Tour nanti. (Mainsepeda)

Hasil Liege-Bastogne-Liege (Top Ten)

1. EVENEPOEL Remco, Soudal Quick-Step, 06 Jam 15 Menit 49 Detik

2. PIDCOCK Tom, Ineos Grenadiers, + 01 Menit 06 Detik

3. BUITRAGO Santiago, Bahrain Victorious, + 01:06

4. HEALY Ben, EF Education-EasyPost, + 01:08

5. MADOUAS Valentin, Groupama-FDJ, + 01:24

6. MARTIN Guillaume, Cofidis, + 01:25

7. BENOOT Tiesj, Jumbo-Visma, + 01:37

8. KONRAD Patrick, Bora-hansgrohe, + 01:48

9. SKJELMOSE JENSEN Mattias, Trek-Segafredo, + 01:48

10.HIRSCHI Marc, UAE Team Emirates, + 01:48

Saksikan East Java Journey 2023 Part 3 Full Journey 1200 km


COMMENTS