Berawal dari Klub Badminton Alumnus SMA Kosayu, Ratjoen CC Terus Membesar

Komunitas sepeda asal Malang, Ratjoen CC segera merayakan ulang tahun satu dekade. Ternyata klub ini sebelumnya merupakan komunitas Badminton. Awal terbentuknya Ratjoen CC bermula dari dua alumni SMA Kolese Santo Yusuf (Kosayu) yang aktif bermain badminton bersama pada 2014.

Ketemu itu, dua alumni ini merasa olahraga Badminton rawan cedera. Beberapa anggota alumni yang sudah mulai masuk usia 40 tahun ke atas akhirnya mencari alternatif olahraga lain. Dari sana lahirlah komunitas sepeda.

Asal nama Ratjoen sendiri berasal dari ketika awal terbentuk anggota komunitas ini menggunakan sepeda random. Dari sana kemudian Ratjoen yang menggunakan road bike mulai meracuni teman-temanya membeli sepeda jenis serupa. Dari sinilah awal nama Ratjoen berasal. Diambil dari kata racun.

“Kami memilih sepeda karena memiliki “playground” yang luas dibandingkan olahraga lainya. Selain itu olahraga ini menyenangkan karena bisa menjalajahi berbagai tempat dengan lebih detail. Kalau pakai kendaraan bermotor rasanya kita hanya sekedar lewat ketika melewati suatu tempat,” ujar Irawan Djakaria, atau yang lebih akrab disapa Pak Kom.

Komunitas ini makin terkenal karena Pak Kom rajin memposting kegiatan Ratjoen di jejaring sosial Facebook. Baik saat gowes santai maupun ketika mengikuti event sepeda, termasuk Bromo KOM.

Ratjoen CC termasuk komunitas yang tidak pernah absen mengikuti Bromo KOM sejak 2015. Seiring berjalannya waktu, rute Bromo KOM seakan menjadi santapan gowes rutin anggota Ratjoen.

Komunitas yang awalnya beranggotakan lima orang itu sekarang termasuk salah satu yang terbesar di Indonesia. Ratjoen CC juga memiliki anggota dari luar pulau, bahkan luar negeri. Tak hanya menjadi salah satu yang terbesar, Ratjoen CC termasuk komunitas yang guyub. Merangkul semua kalangan. Anggotanya ratusan. Bukan hanya di Malang saja, tapi tersebar di seluruh Indonesia.

Ratjoen CC juga bisa dibilang bapak beberapa komunitas sepeda di Malang Raya, beberapa komunitas yang ada di Malang sebelumnya merupakan anggota dari Ratjoen CC. Hubungan baik selalu dijaga dengan komunitas sepeda lain dan ini menjadikan Ratjoen CC komunitas yang disegani di Malang.

Komunitas asal Malang ini mengutamakan keguyuban antar anggota dan cukup selektif dalam penerimaan anggota. “Saya tak sekadar ingin Ratjoen CC hanya banyak anggotanya, tapi bagaimana harus makin guyub," ujar Pak Kom. Ratjoen CC sendiri memiliki agenda merayakan satu dekade Ratjoen CC dengan gowes di Bali pada Mei 2024 nanti.(Mainsepeda)


COMMENTS