La Fleche Wallonne Balapan Klasik Musim Semi Terberat

La Flèche Wallonne adalah perlombaan sepeda profesional satu hari yang berlangsung setiap tahun di Wallonia, Belgia. Ini adalah salah satu dari tiga balapan Ardennes, bersama dengan Liège-Bastogne-Liège dan Amstel Gold Race, yang dianggap sebagai balapan klasik musim semi terberat dalam kalender bersepeda.

Edisi pertama La Fleche Wallonne berlangsung pada tahun 1936, dan sejak itu diselenggarakan setiap tahunnya. La Fleche terkenal memiliki jalur menantang yang meliputi banyak tanjakan curam. Perlombaan dimulai di Charleroi dan berakhir di Huy melintasi Ardennes, Belgia.

Mur de Huy adalah tanjakan tersulit di perlombaan ini. Dengan tanjakan sepanjang 1,3 kilometer dan elevasi rata-rata 9,6 % tentu menjadi tantangan tersendiri bagi para cyclist nantinya.

La Fleche Wallonne merupakan salah satu perlombaan klasik yang cukup bergengsi, tidak heran berbagai cyclist dengan nama besar pernah menjadi pemenang di perlombaan ini seperti Eddy Merckx, Bernard Hinault, Laurent Jalabert, Alejandro Valverde dan Julian Alaphilippe.

Perlombaan ini sering dianggap pembuka sebelum Liege-Bastogne-Liege yang akan berlangsung beberapa hari kemudian. Kemenangan di La Fleche Wallonne biasanya juga menjadi penanda siapakah cyclist yang nantinya akan berada dalam kondisi terbaik dan diunggulkan di Liege-Bastogne-Liege.

Musim 2022 lalu menjadi musim yang cukup bersejarah ketika gelar La Fleche Wallonne akhirnya kembali ke tanah Belgia. Setelah sepuluh tahun dikuasai pembalap asing, gelar juara La Flèche Wallonne akhirnya kembali menjadi milik rider asal Belgia. Dylan Teuns (Bahrain Victorious) menasbihkan diri sebagai pemenang musim 2022 setelah mengalahkan Alejandro Valverde (Movistar) dalam uphill sprint di Mur de Huy.

Tadej Pogacar (UEA Team Emirates) menjadi salah satu superstar yang akan berpartisipasi di Ardennes Classics pada pekan ini. Juara Amstel Gold Race 2023 minggu lalu ini memiliki ambisi untuk kembali meraih gelar juara di Wallonne. "Mengambil kemenangan di Liège 2 tahun lalu terasa seperti mimpi. Saya merasa sedang berada dalam kondisi yang hebat untuk balapan ini," ucap pembalap muda asal Slovenia itu dilansir Sporza. Patut dinantikan apakah Pogi akan berhasil memenuhi ambisinya di La Fleche Wallonne yang akan diselenggarakan pada 19 April 2023 pekan ini atau akan ada kejutan di Ardennes nanti.(Mainsepeda) 

 

Ikuti keseruan East Java Journey 2023 dalam dua video dokumenter yang sudah tayang di bawah ini

Part 1


Part 2

 

 


COMMENTS