Tour Basque Country 2023: Vingegaard Raih Kemenangan Beruntun

Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma) berhasil meraih kemenangan beruntun di Tour Basque Country 2023. Vingegaard kembali mengalahkan Mikel Landa (Bahrain Victorious) secara berturut-turut dan berhasil menambah keunggulanya di General Classification.

Etape keempat Basque Country dimulai dari Santurtzi dan berakhir di Santurtzi dengan jarak  175,4km dengan rute rolling dan elevasi rata-rata 7,3%.

Terjadi persaingan ketat di beberapa kilometer terakhir menjelang finis antara Vingegaard dan Landa. Di rute pendakian terakhir La Asturiana mereka menuruni bukit hampir bersamaan dan saling menyalip satu sama lain. Vingegaard akhirnya berhasil menerobos celah lalu memberi gap hingga 25 detik dari peloton pengejar dibelakang.

Vingegaard memimpin didepan Landa hingga tikungan terakhir dan kemudian melakukan sprint menuju garis finis untuk memenangkan etape dengan jarak yang sangat tipis dan Vingegaard berhasil memenangkan perlombaan.

"Saya tidak menyangka dapat meraih kemenangan hari ini, namun saya senang dengan kemenangan ini tentunya”, ucap Vingegaard dilansir dari cyclingnews.

“Saya merasa pada kondisi yang bagus di tanjakan terakhir. Pembalap lainya mencoba menyerang di tanjakan dan saya juga mulai menambah kecepatan. Kemudian Landa datang membuntuti saya dan kami bersaing hingga garis finis”, tambah pemenang Tour de France 2022 itu.

Vingegaard memang terlihat seperti mengendalikan balapan hari ini, namun pada kenyataanya pembalap asal Denmark itu melakukan segalanya untuk mempertahankan posisinya.

“Ada banyak cyclist hebat  dan peloton kuat di balapan ini. Saya merasa dalam keadaan bagus hari ini, jadi saya mencoba menyerang dan untungnya berakhir sesuai perkiraaan saya” tambah Vingegaard.

“Saya berhasil memimpin di GC sejauh ini, dan saya akan mencoba mempertahankanya. Perlombaan ini semuanya tentang waktu, jadi saya harus mendapatkan keuntungan di setiap balapan dan semoga di balapan besok saya berada di kondisi terbaik saya”, tutup Vingegaard. (mainsepeda)

 

Hasil Etape 4 Tour Basque Country (top ten)

1.VINGEGAARD Jonas, Jumbo-Visma, 4:22:26, +13

2.LANDA Mikel, Bahrain - Victorious, +6

3.SCHMID Mauro, Soudal - Quick Step, +4

4.SOBRERO Matteo, Team Jayco AlUla, "

5.MCNULTY Brandon          UAE Team Emirates, "

6.URÁN Rigoberto, EF Education-EasyPost, "

7.GAUDU David, Groupama - FDJ, "

8.GALL Felix, AG2R Citroën Team, "

9.CHAMPOUSSIN Clément, Team Arkéa Samsic, "

10.SKJELMOSE Mattias, Trek - Segafredo, "

 

General Classification (top ten)

1.VINGEGAARD Jonas,Jumbo-Visma, 17:08:56 (+25)

2.LANDA Mikel, Bahrain - Victorious,+15

3.GAUDU David, Groupama - FDJ, +4

4.SOBRERO Matteo, Team Jayco AlUla, +6

5.IZAGIRRE Ion, Cofidis, +2

6.MAS Enric, Movistar Team, +4

7.SKJELMOSE Mattias, Trek - Segafredo, +0

8.MCNULTY Brandon          UAE Team Emirates  , +1

9.YATES Simon, Team Jayco AlUla, +0

10.KNOX James, Soudal - Quick Step, +3

Ikuti keseruan East Java Journey 2023 dalam dua video dokumenter yang sudah tayang di bawah ini

Part 1


Part 2

Nantikan keseruan video EJJ 2023 kategori 1.200 Km yang siap tayang pekan ini


COMMENTS