Tirreno-Adriatico 2023: Jakobsen Menang Sprint, Ganna Bertahan di Puncak GC

Fabio Jakobsen meraih kemenangan keduanya pada musim ini. Pembalap asal Belanda yang tergabung di tim Soudal-QuickStep itu finis pertama di Etape 2 Tirreno-Adriatico 2023, Selasa (7/3) malam waktu Indonesia. Sementara Filippo Ganna (Ineos Grenadiers) masih bertahan di puncak General Classification (GC).

Etape 2 Tirreno-Adriatico 2023 memang menjadi santapan empuk para sprinter, Panjang rutenya 210 km. Dari Camaiore menuju Follonica. Para pembalap hanya sedikit nanjak di Castellina Marittima. Ini adalah tanjakan sepanjang 12,3 km dengan gradien maksimal 5,3 persen.

Lima pembalap langsung melarikan diri begitu bendera start dikibarkan. Mereka adalah dua pembalap tim Eolo-Kometa, Davide Bais dan Mirco Maestri, Roland Thalmann (Tudor), serta dua rider tim Corratec, yakni Stefano Gandin dan Alessandro Iacchi. Mereka sempat terpaut lebih dari empat menit dari rombongan besar.

Bais mulai tercecer sebelum grup terdepan melakukan uphill sprint di Canneto. Kemudian giliran Gandin yang tertangkap peloton di sisa 65 km. Tiga pembalap yang masih tersisa di baris terdepan, juga tidak bisa mempertahankan posisinya. Mereka kembali ke peloton di sisa 20 km menuju finis.

Selepas itu rombongan bergerak bersama-sama menuju kilometer pemungkas. Masing-masing tim sibuk membuka ruang bagi para sprinter. Ada banyak nama besar yang bersaing. Mulai Peter Sagan (TotalEnergies), Mark Cavendish (Astana Qazaqstan), Wout van Aert (Jumbo-Visma), serta Jakobsen.

Photo finish memastikan Fabio Jakobsen sebagai pemenang Etape 2 Tirreno-Adriatico 2023

Persaingan di kilometer pemungkas itu benar-benar sengit. Serta sangat ketat. Jakobsen yang menyerang dari sisi kanan, berhasil finis pertama di tahapan ini. Ia mencatatkan waktu 5 jam 6 menit 33 detik. Jasper Philipsen (Alpecin-Deceuninck) dan Fernando Gaviria (Movistar) finis kedua dan ketiga di etape ini.

"Saya tahu saya menyerang dengan cepat. Fernando melakukan sprint lebih awal, tapi ia juga cepat. Saya menyerang bersamaan dengan Philipsen," cerita Jakobsen selepas lomba.

Ini adalah kemenangan keduanya musim ini. Sebelumnya, ia finis pertama di Etape 2 Vuelta a San Juan pada Januari lalu. Juara Eropa 2022 ini berharap hasil di Tirreno-Adriatico 2023 dapat merangsang kemenangan-kemenangan lain untuknya pada musim ini.

"Saya tidak memiliki awal musim seperti tahun lalu. Tapi tim selalu memberikan yang terbaik dan saya melakukan hal yang sama. Anda hanya harus menunggu kesempatan. Mudah-mudahan kami dapat mengambil lebih banyak lagi kemenangan," harap Jakobsen.

Hasil di Etape 2 tidak berpengaruh ke posisi Filippo Ganna di General Classification (GC). Pembalap tim Ineos Grenadiers tersebut masih bertahan di puncak. Ia dibuntuti Lennard Kamna (Bora-Hansgrohe) dan Magnus Sheffield (Ineos Grenadiers).

Selanjutnya, Etape 3 Tirreno-Adriatico 2023 membawa para pembalap start dari Follonica menuju Foligno. Panjang rutenya 216 km. Ada dua tanjakan yang harus ditaklukkan. Pertama Passo del Lume Spento yang memiliki panjang 12,5 km dengan gradien tertinggi  6,8 persen. Juga La Foce yang memiliki panjang 5,3 km dengan gradien maksimal 6,5 persen. (mainsepeda) 

Hasil Etape 2 Tirreno–Adriatico 2023 (Top Ten)
1. Fabio Jakobsen (Belanda), Soudal-QuickStep 5 jam 6 menit 33 detik
2. Jasper Philipsen (Belgia), Alpecin-Deceuninck    +0
3. Fernando Gaviria (Kolombia), Movistar +0
4. Biniam Girmay (Eritrea), Intermarché-Circus-Wanty +0
5. Sebastian Molano (Kolombia), UAE Team Emirates +0
6. Phil Bauhaus (Jerman), Bahrain Victorious +0
7. Dylan Groenewegen (Belanda), Team Jayco-AlUla +0
8. Simone Consonni (Italia), Cofidis +0
9. Jordi Meeus (Belgia), Bora-Hansgrohe +0
10. Nacer Bouhanni (Prancis), Arkéa-Samsic +0

General Classification usai 2 etape dari 7 etape (Top Ten)
1. Filippo Ganna (Italia), Ineos Grenadiers 5 jam 19 menit 1 detik
2. Lennard Kamna (Jerman), Bora-Hansgrohe + 28
3. Magnus Sheffield (Amerika Serikat), Ineos Grenadiers +31
4. Brandon McNulty (Amerika Serikat), UAE Team Emirates +34
5. Thymen Arensman (Belanda), Ineos Grenadiers +39
6. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +41
7. Andreas Leknessund (Norwegia), Team DSM +41
8. Casper Pedersen (Senmark), Soudal-QuickStep +47
9. Wilco Kelderman (Belanda), Jumbo-Visma +48
10. Alexey Lutsenko (Kazakhstan), Astana Qazaqstan +48

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 126

Foto: Getty Images


COMMENTS