Paris-Nice 2023: Pedersen Menang Sprint dan Rebut Jersey Kuning

Mads Pedersen naik podium lagi pada awal musim ini. Pembalap asal Denmark tersebut finis pertama di Etape 2 Paris-Nice 2023 pada Senin (6/3). Member tim Trek-Segafredo ini menjadi yang tercepat dalam adu sprint di Fontainebleau. Kemenangan ini mengantarkan Pedersen ke puncak General Classification (GC).

Dua tahapan awal di Paris-Nice 2023 memang menjadi santapan empuk bagi para pelari cepat. Tim Merlier telah berhasil meraih kemenangan di tahapan pembuka pada Minggu (5/3) kemarin. Pembalap tim Soudal-QuickStep itu berjaya di La Verriere. Sayang harapan Merlier untuk mengulang kemenangan di Etape 2 gagal terwujud.

Tahapan kedua membawa para pembalap start dari Bazainville menuju Fontainebleau. Panjang rutenya 163,7 km. Pembalap tim Uno-X Pro Cycling, Jonas Gregaard melakukan aksi solo di awal balapan. Tapi rider asal Denmark ini tak mampu mempertahankan posisinya. Sebab ia tertangkap rombongan besar saat balapan tersisa 54 km.

Para pembalap terus bersama-sama hingga memasuki tiga kilometer menjelang finis. Tim-tim saling menekan. Berusaha menempatkan sprinter terbaiknya guna mengambil celah untuk menyerang. Hasilnya, Pedersen jadi pemenang dalam adu sprint yang sangat padat di Fontainebleau. Ia membukukan catatan waktu 3 jam 28 menit 57 detik.

Pedersen berhak atas jersey kuning usai memuncaki General Classification (GC)

Juara dunia road 2019 ini mengungguli Olav Kooij (Jumbo-Visma) dan rekan senegaranya Magnus Cort (EF Education-EasyPost). Sementara Merlier finis ke-14 di etape ini. "Itu adalah sprint yang sangat sibuk. Tetapi tim melakukannya dengan sangat baik. Mereka membuat saya keluar dari masalah," kata Pedersen setelah lomba.

Pedersen secara khusus mengucapkan terima kasih kepada Alex Kirsch, rekannya di Trek-Segafredo. Rider asal Luxembourg itu melakukan lead-out yang sempurna. Membantu Pedersen menemukan celah untuk menyerang. "Pada akhirnya selisihnya sangat tipis. Jadi saya senang saya mendapatkan kemenangan ini," imbuh Pedersen.

Ini adalah kemenangan keduanya pada musim ini. Sebelumnya, pembalap 27 tahun tersebut menjadi yang terbaik dalam balapan Individual Time Trial (ITT) di Etape 5 Etoile de Bessèges, awal Februari lalu. Kemenangan di Etape 2 sekaligus membawanya ke puncak GC. Pedersen berhak atas jersey kuning.

"Itu cukup bagus," kata Pedersen. "Saya belum pernah mencobanya sebelumnya dalam balapan seperti ini."

Selanjutnya, Etape 3 Paris-Nice 2023 akan menghadirkan lomba Team Time Trial (TTT). Balapan akan berlangsung dalam rute sepanjang 32,2 km di Dampierre-en-Burly, Selasa (7/3). (mainsepeda)

Hasil Etape 2 Paris-Nice 2023 (Top Ten)
1. Mads Pedersen (Denmark), Trek-Segafredo 3 jam 28 menit 57 detik
2. Olav Kooij (Belanda), Jumbo-Visma +0
3. Magnus Cort (Denmark), EF Education-EasyPost +0
4. Daniel McLay (Britania Raya), Team Arkéa-Samsic +0
5. Lionel Taminiaux (Belgia), Alpecin-Deceuninck     +0
6. Michael Matthews (AUstralia), Team Jayco-AlUla +0
7. Marijn van den Berg (Belanda), EF Education-EasyPost +0
8. Cees Bol (Belanda), Astana Qazaqstan Team +0
9. Alexis Renard (Prancis), Cofidis +0
10. Arnaud Démare (Prancis), Groupama-FDJ +00

General Classification usai 2 etape dari 8 etape (Top Ten)
1. Mads Pedersen (Denmark), Trek-Segafredo 7 jam 19 menit 35 detik
2. Tadej Pogacar (Slovenia, UAE Team Emirates +2
3. Tim Merlier (Belgia), Soudal-QuickStep +4
4. Olav Kooij (Belanda), Jumbo-Visma +8
5. Sam Bennett (Irlandia), Bora-Hansgrohe +8
6. Michael Matthews (Australia), Team Jayco-AlUla +10
7. Magnus Cort (Denmark), EF Education-EasyPost +10
8. Pierre Latour (Prancis), TotalEnergies +10
9. Dorian Godon (Prancis), AG2R Citroen +12
10. Nathan Van Hooydonck (Belgia), Jumbo-Visma +12

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 126

Foto: Getty Images, ASO


COMMENTS