Paris-Nice 2023: Tim Merlier Menang Sprint di Etape Pembuka

Paris-Nice 2023 telah dimulai pada Minggu (5/3). Etape pembuka berlangsung di La Verriere. Menempuh rute sepanjang 169,4 km. Pembalap asal Belgia Tim Merlier (Soudal-QuickStep) menjadi yang terbaik dalam tahapan ini. Ia menyisihkan rider ternama seperti Sam Bennett (Bora-Hansgrohe) dan Mads Pedersen (Trek-Segafredo).

Tahun ini adalah debut bagi Tadej Pogacar di Paris-Nice. Selain pemenang dua edisi Tour de France itu, event ini juga menjadi balapan perdana untuk rekannya di UAE Team Emirates, Felix Grossschartner. Paris-Nice 2023 akan mempertemukan Pogacar dengan calon rival terkuatnya di Tour de France nanti, yakni juara bertahan Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma)

Tahapan pembuka di Paris-Nice 2023 didominasi oleh medan datar. Para pembalap cuma dua kali mendaki di tanjakan Kategori 3 bernama Cote de Milon-la-Chapelle. Tanjakannya cukup pendek, hanya 500 meter, dengan gradien rata-rata 10,5 persen. Bukan sebuah kesulitan yang berat bagi para pelari cepat.

Balapan dibuka dengan aksi breakaway dari dua pembalap, yakni Paul Ourselin (TotalEnergies) dan Jonas Gregaard (Uno-X Pro Cycling Team). Mereka melepaskan diri dari rombongan besar saat lomba baru berjalan kurang dari 20 km. Keduanya memimpin di hampir keseluruhan balapan. Sebelum tertangkap rombongan besar di sisa 31 km.

Komposisi pembalap terdepan berubah selepas peloton nanjak untuk kali kedua di Cote de Milon-la-Chapelle. Pembalap Amerika Serikat Neilson Powless (EF Education-EasyPost) melesat ke posisi terdepan. Sayang, ia tertangkap rombongan besar saat race ini tersisa tujuh kilometer.

Seluruh pembalap tergabung dalam rombongan besar di sisa lima kilometer. Lalu, masing-masing tim mengatur kereta cepatnya. Mereka berusaha menempatkan sprinter terbaiknya di posisi terbaik. Berkat pengawalan dari rekan setimnya di Kasper Asgreen, rekannya di Soudal-QuickStep, Merlier berhasil menjadi pemenang di etape pertama ini.

Ia menyelesaikan balapan sejauh 169,4 km dengan catatan waktu 3 jam 50 menit 52 detik. Sam Bennett yang sempat berada di posisi terdepan saat sprint, harus puas finis kedua. Sementara mantan juara dunia Mads Pedersen, menghuni posisi ketiga di tahapan pembuka ini.

"Kemenangan ini berkat usaha yang hebat dari tim saya. Mereka percaya kepada saya. Kami berhasil mencapai hasil yang bagus di etape ini," Merlier.

Hasil di Etape 1 Paris-Nice 2023 ini menandai kemenangan sprint keempat Merlier musim ini. Musim pertamanya bersama tim barunya Soudal-Quickstep. Sebelumnya, eks pembalap tim Alpecin-Deceuninck sekali menang di Tour of Oman dan merebut dua kemenangan di UAE Tour.

"Tim bekerja sama dengan baik. Saya tidak bisa mengatakan betapa hebatnya berada di tim ini. Ini seperti mimpi," imbuh rider 30 tahun itu.

Selanjutnya, Etape 2 Paris-Nice 2023 akan dimulai dari Bazainville pada Senin (6/3). Para pembalap akan melaju sejauh 163,7 km menuju Fontainebleau di Paris. Etape ini akan menjadi santapan empuk bagi para sprinter. Meskipun mereka harus dua kali nanjak di Core de Granges-le-Rpi dan Cote de Mereville. (mainsepeda)

Hasil Etape 1 Paris-Nice 2023 (Top Ten)
1. Tim Merlier (Belgia), Soudal-QuickStep 3 jam 50 menit 52 detik
2. Sam Bennett (Irlandia), Bora-Hansgrohe +0
3. Mads Pedersen (Denmark), Trek-Segafredo +0
4. Olav Kooij (Belanda), Jumbo-Visma +0
5. Arnaud De Lie (Belgia), Lotto Dstny +0
6. Michael Matthews (Australia), Team Jayco-AlUla +0
7. Bryan Coquard (Prancis), Cofidis +0
8. Ivan García Cortina (Spanyol), Movistar +0
9. Kaden Groves (Australia), Alpecin-Deceuninck +0
10. Arnaud Démare (Prancis), Groupama-FDJ +0

General Classification usai 1 etape dari 8 etape (Top Ten)
1. Tim Merlier (Belgia), Soudal-QuickStep 3 jam 50 menit 52 detik
2. Sam Bennett (Irlandia), Bora-Hansgrohe +4
3. Tadej Pogacar (Slovenia, UAE Team Emirates +4
4. Mads Pedersen (Denmark), Trek-Segafredo +6
5. Olav Kooij (Belanda), Jumbo-Visma +10
6. Arnaud De Lie (Belgia), Lotto Dstny +10
7. Michael Matthews (Australia), Team Jayco-AlUla +10
8. Bryan Coquard (Prancis), Cofidis +10
9. Ivan García Cortina (Spanyol), Movistar +10
10. Kaden Groves (Australia), Alpecin-Deceuninck +10

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 126

Foto: ASO


COMMENTS