Paris-Nice 2023: Pogacar dan Vingegaard Bersaing di Tour de France Mini

Duel antara Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) dengan Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma) akan mendapatkan sorot utama di Paris-Nice tahun ini. Sebab event ini adalah pertemuan pertama Pogacar dan Vingegaard pada tahun ini. Paris-Nice 2023 terbagi dalam delapan etape. Digelar pada 5-12 Maret 2023.

Persaingan antara Pogacar dengan Vingegaard merupakan ulangan Tour de France 2022. Pada saat itu Pogacar hadir sebagai juara bertahan. Ia adalah pemenang Tour de France 2020 dan 2021. Saat berusaha mendapatkan gelar ketiganya secara beruntun, Pogacar tumbang.

Ia bukan dikalahkan oleh Primoz Roglic. Leader Jumbo-Visma sekaligus rekan senegara Pogacar itu, tidak berkutik di Tour de France 2022. Tapi Jumbo-Visma punya senjata cadangan. Namanya Vingegaard. Rider asal Denmark tersebut memang dipersiapkan untuk menjadi suksesor Roglic.

Pada akhirnya Vingegaard lah yang berhasil mengalahkan Pogacar. Kemenangannya pada tahun lalu membuat Vingegaard akan menjadi leader di Tour de France 2023. Tentu saja Pogacar akan menjadi lawan utamanya.

Sebelum berduel di Tour de France 2023, yang akan dimulai pada Juli mendatang, Pogacar dan Vingegaard bertarung di Paris-Nice. Balapan ini akan menempuh total jarak 1.201 km. Etape pertama dimulai di La Verrière pada Minggu (5/3) malam. Paris-Nice tahun ini akan menghadirkan dua mountain stage di Etape 4 dan Etape 7. Serta lomba Team Time Trial (TTT) di Etape 3.

"Kekuatan Paris-Nice adalah memproyeksikan menuju Juli. Ini benar-benar Tour de France mini. Ada finis di puncak, time trial, dan etape datar yang berangin," kata Christian Prudhomme dari ASO sebagai penyelenggara balapan ini dilansir AFP.

Pogacar sudah ambil bagian dalam dua lomba pada musim ini. Ia berhasil menjuarai Jaén Paraiso Interior. Lalu menjadi pemenang overall di Vuelta a Andalucia. Sedangkan Vingegaard berhasil menjuarai O Gran Camino pada akhir Februari lalu.

Sementara itu, Jumbo-Visma sudah mempersiapkan tim kuat untuk menyukseskan Vingegaard sebagai juara Paris-Nice 2023. Rider 26 tahun itu akan ditemani Olav Kooi, Edoardo Affini, Tobias Foss, Nathan van Hooydonck, Rohan Dennis, dan Jan Tratnik.

Sementara Pogacar akan didukung oleh Rui Oliveira, Mikkel Bjerg, Domen Novak, Matteo Trentin, Felix Grossschartner, dan Tim Wellens. (mainsepeda)

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 126

Foto: ASO


COMMENTS