Tom Pidcock Juara Strade Bianche 2023


Tom Pidcock menjadi pembalap Britania Raya pertama yang menjuarai Strade Bianche

Strade Bianche 2023 melahirkan juara baru. Gelar terbaik berhasil direbut Tom Pidcock (Ineos Grenadiers). Ia menuntaskan rute sepanjang 184 km dengan catatan waktu 4 jam 31 menit 41 detik. Pidcock menjadi pembalap Britania Raya pertama yang menjuarai Strade Bianche sejak event ini bergulir 2007 lalu.

Panjang rute Strade Bianche tidak mengalami perubahan selama lima tahun terakhir. Para pembalap harus melalui rute sejauh 184 km. Start dan finisnya di Siena. Sesuai dengan namanya, yang berarti White Roads, Strade Bianche menghadirkan 63 km rute gravel putih yang tersebar di sebelas sektor. Ini merupakan ciri khas lomba yang digelar di kawasan Tuscany, Italia itu.

Edisi ke-17 Strade Bianche menjadi event perdana Mathieu van der Poel (Alpecin-Deceuninck) pada musim ini. Usai mengunci gelar juara dunia cyclocross, pembalap asal Belanda ini membuka musim WorldTour 2023 di Italia.

Balapan dibuka dengan aksi breakaway dari Sven Erik Bystrom (Intermarché-Circus-Wanty) dan Alessandro de Marchi (Team Jayco AlUla) di 28 km setelah bendera start dikibarkan. Tak lama berselang, Ivan Romeo (Movistar) juga bergabung dengan dua pembalap itu. Strade Bianche tahun ini merupakan debut bagi Romeo dan Bystrom.

Para pembalap melintasi 63 km rute gravel putih yang tersebar di sebelas sektor

Ketiga pembalap ini berhasil menciptakan keunggulan hingga lebih dari satu menit dengan peloton. Namun kepemimpinan tidak bertahan lama. Satu per satu di antara mereka mulai melorot saat lomba tersisa 50 km. Pada saat yang sama Pidcock mulai melacarkan serangan.

Pidcock seakan terinspirasi dari aksi Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) saat menjuarai Strade Bianche 2022. Yang melakukan serangan di sisa 50 km. Pembalap 23 tahun ini mengisi posisi Romeo yang terseok-seok. Pidcock bergabung dengan De Marchi dan Bystrom. Tapi Bystrom juga tidak bisa bertahan di kelompok terdepan itu. Ia tertangkap peloton di sisa 28 km.

Pidcock dan De Marchi menjadi yang terdepan. Akan tetapi, De Marchi juga tidak bisa bertahan lama di grup terdepan. Rider 36 tahun ini tertangkap peloton di 23 km menuju finis. Alhasil, Pidcock memimpin sendirian di depan. Juara dunia cyclocross 2022 ini tidak terkejar hingga mencapai garis pertama.

Selebrasi Tom Pidcock ketika finis pertama di Strade Bianche 2023

Pidcock menjadi pemenang dengan catatan waktu 4 jam 31 menit 41 detik. Sementara Valentin Madouas (Groupama - FDJ) finis kedua dengan selisih 20 detik. Sedangkan Tiesj Benoot (Jumbo-Visma) menempati peringkat ketiga dengan gap 22 detik.

"Sejujurnya saya akan membutuhkan waktu untuk meresapi kemenangan ini. Ketika saya menyerang, itu sama bukan hal yang direncanakan. Saya tahu sektor gravel adalah tempat yang menentukan. Jadi saya hanya bekerja keras. Saya mendapat celah saat turunan dan saya memanfaatkannya," kata Pidcock usai lomba.

Ini adalah kemenangan solo terpanjang kedua dalam sejarah Strade Bianche. Pidcock berada di bawah Pogacar yang menjuarai Strade Bianche 2022 usai memimpin sendirian di sisa 49,2 km. Tak cuma itu saja, Pidcock sekaligus menjadi pembalap Britania Raya pertama yang memenangi Strade Bianche.

"Minggu ini saya memiliki perasaan yang baik. Saya tahu sesuatu yang baik akan terjadi. Saya yakin meraih kemenangan. Saat itu benar-benar terjadi, rasanya sungguh luar biasa jujur. Saya bahkan tidak tahu harus berpikir apa sekarang," akunya.

Pidcock mengaku sempat deg-degan. Saat sejumlah pembalap seperti Benoot, Rui Costa, dan Madouas makin mendekat di sisa 5 km. Serangan solonya di sisa 23 km bisa buyar jika Pidcock tertangkao kelompok pengejar. "Tapi balapan begitu cepat hari ini. Saya sudah mendapatkan celah dan terus melaju," sebut Pidcock.

Setelah menjuarai Strade Bianche, Pidcock dijadwalkan bersaing di Tirreno-Adriatico yang akan start 6 Maret. Kemudian ia akan berlomba di Milan-San Remo pada 18 Maret. (mainsepeda)

Hasil Strade Bianche 2023 (Top Ten)
1. Tom Pidcock (Britania Raya), Ineos Grenadiers 4 jam 31 menit 41 detik
2. Valentin Madouas (Prancis), Groupama-FDJ +20
3. Tiesj Benoot (Belgia), Jumbo-Visma +22
4. Rui Costa (Portugal), Intermarché-Circus-Wanty +23
5. Attila Valter (Hungaria), Jumbo-Visma +23
6. Matej Mohoric (Slovenia), Bahrain Victorious +34
7. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +1:04
8. Romain Grégoire (Prancis), Groupama-FDJ +1:18
9. Davide Formolo (Italia), UAE Team Emirates +1:23
10. Andreas Kron (Denmark), Lotto Dstny +1:35

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 126

Foto: 


COMMENTS