Belum Pulih, Bernal tak Kunjung Balapan Lagi

Meski sempat disebut tidak serius, namun cedera yang dialami Egan Bernal ternyata tidak seperti yang dibayangkan. Terbaru, pembalap asal Kolombia ini dipastikan absen di Vuelta a Andalucia 2023. Yang berlangsung pada 15-19 Februari. Absennya Bernal menegaskan bahwa ia memang belum sepenuhnya pulih dari cedera.

Bernal sebenarnya sudah balapan lagi pada 2023 ini. Ia telah tampil di ajang Vuelta a San Juan Internacional di Argentina pada akhir Januari lalu. Akan tetapi, pemenang Tour de France 2019 itu harus angkat kaki ketika lomba memasuki Etape 6. Ada rasa sakit yang dirasakan di lututnya imbas kecelakaan bersama Quinn Simmons di Etape 1.

Lebih dari dua pekan berselang dan masalah yang dialami Bernal belum menunjukkan tanda-tanda membaik. Pembalap 26 tahun tersebut telah absen di kejuaraan nasional road Kolombia. Terbaru, Bernal juga menarik diri dari Vuelta a Andalucia yang dimulai pada Rabu (15/2) ini.

Laporan dari Gazzetta dello Sport, yang dipertegas oleh VeloNews, mengkonfirmasi bahwa Bernal masih mengalami masalah di lututnya. Imbas insiden di Vuelta a San Juan bulan lalu. Directeur Sportif Ineos Grenadiers Xabier Zandio sempat menyebut jika masalah yang dialami Bernal tidak serius.

Akan tetapi, dalam wawancara dengan NoticiasRCN, Bernal menjelaskan bahwa cedera di lutut itu masih menghantuinya. Inilah yang membuatnya absen di kejuaraan nasional road Kolombia. 

"Kami tahu seperti apa cedera lutut itu. Jadi kami akan melihat bagaimana keadaannya dan membuat keputusan terbaik. Tapi seperti yang saya katakan, saya masih memikirkan balapan di Eropa," kata Bernal.

Saat ini, Bernal dikabarkan akan tampil di Trofeo Laigueglia pada 1 Maret nanti. Kemudian dilanjutkan dengan Paris-Nice yang akan dimulai pada 5 Maret. Setelah itu, ia akan bertarung melawan Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) dan Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma) di Tour de France 2023. (mainsepeda)

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 126

Foto: Getty Images


COMMENTS