Kalahkan Van Aert, Van der Poel Juara Dunia Cyclocross 2023

Mathieu van der Poel (Belanda) menjadi juara dunia cyclocross 2023. Gelar kelima di ajang cyclocross ini didapatkan setelah mengalahkan Wout van Aert (Belgia) di Kejuaraan Dunia Cyclocross 2023 di Hoogerheide, Belanda pada Minggu (5/2).

Kejuaraan Dunia Cyclocross tahun ini menandai kembalinya rivalitas antara Van der Poel dengan Van Aert. Dua superstar balap sepeda ini sempat absen pada 2022 lalu. Van der Poel tak membalap karena cedera punggung. Sementara Van Aert memutuskan absen karena fokus ke WorldTour.

Tahun ini pertarungan antara Van der Poel dengan Van Aert kembali menjadi tajuk utama di Kejuaraan Dunia Cyclocross. Menurut laporan Velonews, sekitar 40.000 penonton hadir di Hoogerheide untuk menyaksikan duel dua rasksasa itu.

Kali ini Van der Poel kembali menjadi terbaik. Ia finis dengan catatan waktu 1 jam 7 menit 20 detik. Van der Poel mengulang pencapaiannya pada 2015, 2019 dan 2021 lalu. Pada saat itu Van der Poel berhasil menumbangkan Van Aert untuk mengamankan gelar juara dunia cyclocross.

40.000 penonton hadir di Kejuaraan Dunia Cyclocross 2023 untuk menyaksikan duel Van der Poel dengan Van Aert

"Semua orang mengatakan sebelumnya bahwa balapan harus menjadi adu sprint antara saya dan Wout. Ini luar biasa," kata Van der Poel usai finis. "Ini adalah salah satu dari tiga kemenangan terbaik saya sepanjang masa… Saya akan mengingat ini untuk waktu yang lama," tegasnya.

Gelar juara dunia cyclocross 2023 ini sekaligus menjadi awal yang bagus bagi Van der Poel pada musim ini. Rider 28 tahun ini sempat mengalami cedera punggung saat berlomba di Olimpiade 2020 di Tokyo pada 2021 lalu. Hal ini membuat performanya meredup pada akhir musim 2021 dan sepanjang 2022.

Sekarang situasinya sudah membaik. Kerja keras dan kesabaran Van der Poel untuk menyembuhkan cedera di punggungnya itu membuahkan hasil manis. Kemenangannya di Hoogerheide menjadi bukti bahwa Van der Poel siap menatap musim 2023.

Selain itu, kemenangannya di Hoogerheide menjadikan Van der Poel sebagai salah satu pembalap terbaik di disiplin cyclocross. Ia telah mengoleksi lima gelar juara dunia. Sejajar dengan Andre Dufraisse (Prancis), Renato Longo (Italia), dan Albert Zweifel (Swiss).

Van der Poel hanya terpaut dua gelar dari Erik De Vlaeminck. Legenda asal Belgia itu sudah tujuh kali menjadi juara dunia. Tak hanya itu saja, Van der Poel juga memperlebar jarak dengan Van Aert. Pembalap Jumbo-Visma itu baru mengoleksi tiga gelar juara dunia di cyclocross.

"Semua orang tahu ceritanya. Saya dan Wout saling bersaing selama sepuluh tahun. Kami berdua membawa satu sama lain dan olahraga ini ke tingkat yang lebih tinggi. Saya belum pernah melihat yang seperti ini di cyclocross," terangnya. (mainsepeda)

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 124

Foto: Sprint Cycling Agency, Getty Images, Matthias Ekman


COMMENTS