Van der Poel Yakin Kalahkan Van Aert di Kejuaraan Dunia Cyclocross 2023

Persaingan antara Mathieu van der Poel (Belanda) dengan Wout van Aert (Belgia) menjadi sorot utama dalam Kejuaraan Dunia Cyclocross (UCI Cyclocross World Championships) tahun ini. Kedua superstar itu akan bersaing merebut jersey pelangi di Hoogerheide, Belanda pada Minggu (5/2) besok.

Kejuaraan Dunia Cyclocross tahun ini berlangsung selama tiga hari. Sudah dimulai sejak Jumat (3/2) kemarin di nomor Team Relay. Belanda berhasil menjadi pemenang. Sedangkan Britania Raya dan Belgia menduduku posisi kedua dan ketiga. Sementara nomor Men Elite akan berlangsung Minggu.

Kejuaraan Dunia Cyclocross 2023 juga menandai kembalinya persaingan antara Van der Poel dengan Van Aert. Kedua pembalap ini absen pada tahun lalu. Van der Poel memilih tidak tampil di 2022 karena cedera. Sementara Van Aert sibuk di WorldTour.

Saat ini cedera Van der Poel sudah membaik. Van Aert juga tidak buru-buru memulai kiprahnya di WorldTour. Duel pembalap elite ini akan menjadi menu utama di Kejuaraan Dunia Cyclocross 2023.

Van der Poel begitu percaya diri. Apalagi ia akan berlomba di Belanda, negara asalnya. Dalam interview dengan Het Nieuwsblad, pembalap tim Alpecin-Deceuninck itu sangat bersemangat untuk merebut gelar juara dunia kali kelima di nomor cyclocross.

"Karier saya di road memang menjadi lebih penting dalam beberapa tahun terakhir. Tapi pada musim dingin, Kejuaraan Dunia (Cyclocross) adalah hal yang paling penting," tegas Van der Poel.

Sebelum bertarung di Hoogerheide, Van der Poel telah mengantongi lima kemenangan di ajang World Cup. Dua titel lebih banyak daripada yang didapatkan Van Aert musim ini. Itu membuatnya percaya diri. Apalagi masalah di punggungnya berangsur membaik.

"Saya tidak terlalu gugup lagi. Meskipun saya tidak dapat menyangkal bahwa Hoogerheide adalah tempat yang istimewa. Nenek saya dulu tinggal dekat dengan venue lomba. Saya pikir itu bahkan lebih spesial untuk ayah saya karena ia dibesarkan di sana," sebutnya.

"Saya juga memiliki kenangan indah tentang Hoogerheide. Itu juga tempat saya meraih gelar pertama saya sebagai juara nasional road Belanda," tutur Van der Poel. (mainsepeda)

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 124

Foto: Getty Images


COMMENTS