Mantan Juara Dunia Ingin Berkarier di Jurnalistik

| Penulis : 

Selain mengincar gelar di lintasan balap sepeda, Elisa Balsamo juga mengejar prestasi di bidang akademik. Juara dunia road 2021 ini sedang menuntaskan pendidikannya di dalam sastra modern di Turin, Italia. Rider tim Trek-Segafredo ini juga mengidamkan karier di jurnalistik.

Balsamo sedang mempelajari Sejarah Bahasa Italia dan tesisnya berjudul "Bahasa dan Varian buku Giovanni Testori Il dio di Roserio". Testori adalah seorang penulis Italia terkenal, jurnalis, penyair, kritikus seni dan sastra, dramawan, serta penulis drama.

"Novel tentang balap sepeda sangat bagus untuk saya. Karena memungkinkan saya menyebutkan bersepeda pada momen penting dalam hidup saya. Belajar membantu saya menghilangkan penat dan memungkinkan saya membangun jalur profesional kedua," jelas Balsamo kepada La Gazzetta dello Sport.

Dalam studi humanioranya, pembalap 24 tahun ini mengatakan bahwa dia paling tertarik dengan Ulysses karya James Joyce. Balsamo memiliki cita-cita untuk berkeliling dunia. Menemukan tempat-tempat baru yang belum pernah dia kunjungi sebelumnya.

Elisa Balsamo merupakan juara dunia road kategori women elite pada 2021 lalu.

Oleh sebab itu, setelah pertemuan tim Trek-Segafredo pada musim dingin ini di Chicago, dia bepergian dengan mobil bersama pasangannya ke Miami. Balsamo mengunjungi kawasan wisata di sepanjang jalan. Total jaraknya 4.000 kilometer

"Hanya ada saya, Davide (Plebani), sebuah mobil, dan buku panduan. Berkelana tiga minggu tanpa internet. Di masa depan, impian saya adalah pergi ke Pulau Paskah," sebut eks pembalap tim Valcar–Travel & Service ini.

Balsamo juga berbicara tentang pekerjaan yang ingin dilakukan selepas tak lagi menjadi pembalap profesional. Dia ingin menjajaki dunia jurnalistik. "Alangkah baiknya menjadi komentator TV," ucapnya singkat.

Sementara itu, Balsamo dijadwalkan memulai kiprahnya di Kejuaraan Track Eropa 2023 (UEC Track European Championships) pada 8-12 Februari. Kemudian bergabung dengan tim Trek-Segafredo untuk berlomba di Ciclista Valenciana pada 16 Februari nanti.

"Saya mulai di Valenciana. Kemudian balapan klasik di utara dengan Flanders sebagai target besar. Lalu saya berharap untuk mengikuti Tour de France," jelasnya. (mainsepeda)

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 124

Foto: Getty Images, Sprint Cycling Agency

Populer

Carlos Rodriguez Bungkus Gelar Juara Umum Tour de Romandie
Bike and Camp, Cara Unik Mumed CC Gelar Acara Halal Bihalal 
Kolom Sehat: Sisi Lain Bromo
Tour de Romandie 2024 Etape 4: Puasa Kemenangan Eks Juara Olimpiade Berakhir di Leysin
Kalender Event Mainsepeda 2024: East Java Journey Pertama, Bromo KOM X 18 Mei
Jajal Rute Cirebon-Tasikmalaya Bareng Komunitas, Azrul Ananda Melintasi Tanjakan Kaki Gunung Ciremai
Pompa Ban Anda sesuai Berat Badan
Polygon Luncurkan Strattos Disc Brake
Siap-Siap! Registrasi Bromo KOM X Dibuka Kamis, 21 Maret Pukul 03.00 WIB
Kolom Sehat: MVDP dan Nuntun Sopan di Koppenberg