Mayrhofer Menang Sprint di Cadel Evans Great Ocean Road Race 2023

Marius Mayrhofer berhasil meraih kemenangan perdananya di ajang WorldTour. Pembalap asal Jerman tersebut finis pertama di Cadel Evans Great Ocean Road Race 2023, Minggu (29/1) siang. Ia mengungguli nama-nama terkenal seperti Caleb Ewan (Tim Nasional Australia) dan Marc Hirschi (UAE Team Emirates).

Cadel Evans Great Ocean Road Race 2023 merupakan event kedua dalam kalender WorldTour musim ini. Seperti biasa, balapan berlangsung di Kota Geelong, Victoria, Australia. Peserta menempuh rute sepanjang 174,3 kilometer. Menyisir rute yang indah di sepanjang Great Ocean Road.

Medannya relatif flat. Cuma ada tanjakan Kategori 4 di Wandana Heights dan tanjakan Kategori 3 di Challambra Crescent. Cadel Evans Great Ocean Road Race 2023 merupakan edisi pertama dalam tiga tahun. Sebelumnya, gelaran ini tidak diadakan pada 2021 dan 2022 karena pandemi Covid-19.

Marius Mayrhofer berhasil menjadi yang tercepat dalam Cadel Evans Great Ocean Road Race edisi ketujuh ini. Pembalap Team DSM tersebut melibas rute sepanjang 174,3 kilometer dengan catatan waktu 4 jam 15 menit 11 detik. Hugo Page (Intermarche-Circus-Wanty) dan Simon Clarke (Israel-Premier Tech) finis kedua dan ketiga.

"Tim saya melakukan pekerjaan luar biasa sepanjang hari. Mereka melindungi saya, saya berada di depan setiap di Challambra, jadi saya menghemat banyak energi. Mereka menutupi gerakannya sehingga saya bisa tetap berada di grup dan menghemat energi sepanjang hari," ucap Mayrhofer usai lomba.

Mayrhofer merupakan pembalap muda di tim Mayrhofer. Usianya 22 tahun. Ia adalah jebolan tim pengembangan dari skuad asal Jerman itu. Bergabung dengan pasukan muda Team DSM sejak 2019, Mayrhofer dipromosikan ke tim utama pada 2022.

Pada tahun pertamanya di skuad senior Team DSM, Mayrhofer telah diturunkan di sejumlah agenda WorldTour. Mulai dari Omloop Het Nieuwsblad, Volta Ciclista a Catalunya, Eschborn-Frankfurt, hingga Paris-Roubaix. Namun Mayrhofer selalu gagal finis dalam tiga dari keempat event itu.

Setelah musim 2022 yang kurang bersahabat, di mana ia gagal meraih satu pun kemenangan, Mayrhofer tampil baik pada awal musim ini. Ia dua kali finis sepuluh besar etape di Tour Down Under 2023. Sepekan berikutnya, Mayrhofer berhasil menang sprint di Cadel Evans Great Ocean Road Race 2023.

"Saya sudah lama memimpikan kemenangan ini, saya masih tak percaya apa yang terjadi. Ini berarti segalanya bagi saya. Balapan terakhir yang saya menangkan adalah di tingkat junior. Saya gagal menang di level U-23. Sekarang saya akhirnya meraih kemenangan pertama di WorldTour," bilang Mayrhofer.

Kemenangan Mayrhofer di Cadel Evans Great Ocean Road Race menjadi yang pertama di level WorldTour

Mayrhofer berharap kemenangannya di Cadel Evans Great Ocean Road Race 2023 menjadi awal dari kesuksesan Team DSM tahun ini. Maklum, skuad yang dulu bernama Team Sunweb tersebut hanya mendapatkan delapan kemenangan etape dan dua kali kemenangan overall pada musim 2022.

"Ini adalah kemenangan yang luar biasa bagi kami. Seluruh perjalanan di Australia ini merupakan pengalaman yang luar biasa bagi saya. Terima kasih kepada seluruh tim saya, staf, dan semua orang melakukan pekerjaan dengan baik. Mereka benar-benar pantas menang," sebut Mayrhofer. (mainsepeda)

Hasil Cadel Evans Great Ocean Road Race 2023 (Top Ten)
1. Marius Mayrhofer (Jerman), Team DSM 4:15:11
2. Hugo Page (Prancis), Intermarche-Circus-Wanty +0
3. Simon Clarke (Australia), Israel-Premier Tech +0
4. Michael Matthews (Australia), Jayco-AlUla +0
5. Corbin Strong (Selandia Baru), Israel-Premier Tech +0
6. Caleb Ewan (Australia), Tim Nasional Australia +0
7. Dion Smith (Selandia Baru), Intermarche-Circus-Wanty +0
8. Marc Hirschi (Swiss), UAE Team Emirates +0
9. George Bennett (Selandia Baru), UAE Team Emirates +0
10. Sean Quinn (Amerika Serikat), EF Education-EasyPost +0

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 123

Foto: Getty Images


COMMENTS