Brompton Owners Group Indonesia (BOGI) mengawali kalender eventnya pada 2023 di Banyuwangi. Mengusung tema B70K Banyuwangi 2023, sebanyak 140 anggota BOGI dari seluruh Indonesia mengeksplorasi keindahan kota di ujung timur Pulau Jawa tersebut. Juga menaklukkan tanjakan di lereng Gunung Ijen.

Event keliling Banyuwangi sejatinya sudah direncanakan sejak lama. Kala itu BOGI mengusung tajuk BOGI Xplore Banyuwangi. Event ini seharusnya dilangsungkan pada 15 Agustus 2020. Sayangnya, pandemi Covid-19 yang melanda dunia, termasuk Indonesia, membuat hajat ini tertunda selama dua tahun.

Harapan BOGI untuk menggelar event di Banyuwangi akhirnya terlaksana pada Sabtu (21/1) lalu. Mereka bikin B70K Banyuwangi 2023. Dengan tagline More Biking, Less Drama, event tersebut diikuti total 140 cyclist dari seluruh Indonesia.

Jarak yang ditempuh oleh masing-masing peserta memang 70 kilometer. Akan tetapi, sensasi gowesnya tidak kalah dengan jarak 100 kilometer. Apalagi B70K Banyuwangi juga menantang peserta untuk nanjak ke lereng Gunung Ijen. Untuk memperebutkan predikat King of Mountain (KOM) dan Queen of Mountain (QOM).

Founder BOGI Baron Martanegara (kiri) bersama para juara kategori QOM

Baron Martanegara, founder BOGI, begitu bersyukur karena B70K Banyuwangi 2023 tidak mengalami kendala. Ia juga sangat bahagia lantaran agenda ini akhirnya terlaksana pada 2023. B70K Banyuwangi mengakhiri penantian panjang BOGI untuk mengeksplorasi Banyuwangi.

"Acaranya berjalan lancar dan bagus. Zero accident. Cuma akses ke Banyuwanginya saja yang sekarang agak kurang. Karena penerbangan hanya sekali sehari jika dari Jakarta. Sehingga banyak peserta yang cancel," kata Baron.

Baron sangat senang karena antusias peserta sangat luar biasa. Untuk itu, menurut Baron, B70K Banyuwangi 2023 tidak akan menjadi acara terakhir BOGI di kota berjuluk Sunrise of Java tersebut. Saat ini Baron mulai berpikir untuk membuat konsep yang lebih seru lagi tahun depan.

"Sebenarnya ide ke depan mau dibuat dengan konsep explore Banyuwangi. Sebab kota ini mempunyai banyak destinasi yang bagus. Seperti ke Alas Purwo, De Djawatan Forest, sampai Baluran. Banyak rute-rute yang bagus yang bisa dilewati," tutur Baron.


Bikeberry Surabaya mendominasi podium B70K Banyuwangi 2023

Sementara itu, komunitas Bikeberry asal Surabaya hampir sapu bersih podium di B70K Banyuwangi 2023. Dalam kategori KOM, misalnya. Bikeberry menguasai posisi tempat pertama lewat Faisol Arif. Dua rekan Faisol, yakni Lili Murjayanto dan Gunadi Wono finis kedua dan ketiga. Tempat keempat menjadi milik Doni dari B024.

Selain mendominasi kategori KOM, para anggota Bikeberry Surabaya juga menguasai kategori QOM. Zanira Hanifah menempati ranking kedua di belakang Renny dari B024. Dua member Bikeberry lainnya, Mardiana Niken dan Isna Iskan menduduki podium ketiga dan keempat.

Setelah sukses dengan B70K Banyuwangi 2023, BOGI sudah mempersiapkan event seru lainnya untuk 2023 ini. Mereka akan menggelar B100k Surakarta dijadwalkan pada Juni mendatang. Kemudian dilanjutkan dengan B100K Bali pada September. (mainsepeda)

Hasil B70K Banyuwangi 2023

KOM
1. Faisol Arif (Bikeberry)
2. Lili Murjayanto (Bikeberry)
3. Gunadi Wono (Bikeberry)
4. Doni (B024)

QOM
1. Renny (B024)
2. Zanira Hanifah (Bikeberry)
3. Mardiana Niken (Bikeberry)
4. Isna Iskan (Bikeberry)

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 122

Foto: @koko.grafersport (Dokumentasi BOGI)


COMMENTS