Delapan Brompton Paling Diburu
by Raymond Siarta - July 25, 2018

 

Berbicara sepeda, salah satu genre yang banyak diminati adalah sepeda lipat. Selain praktis, modelnya juga menggemaskan. Salah satu pionirnya adalah Brompton. Sepeda lipat bikinan Andrew Ritchie tahun 1975 ini sangat mungil. Dalam posisi terlipat, ukurannya hanya setinggi 58,5 cm, panjang 56,5 cm dan selebar 27 cm. Ini membuatnya mudah dibawa ke mana-mana. Mau naik train, naik bis atau masuk ke dalam kamar kerja di kantor –pun tidak ada masalah. Dari situlah, tagline Brompton dibuat Made For Cities.

Setelah eksis lebih dari 40 tahun, Brompton telah berhasil jadi ikon sepeda lipat. Bahkan, sudah mulai bermunculan kolektor sepeda mungil ini. Tentu karena model dan warnanya yang cute. Brompton menyambutnya dengan membuat edisi khusus.

Secara berkala, muncul edisi “spesial” dan “limited”. Tapi inilah 8 Brompton yang must have untuk pecintanya.

Brompton Royal Wedding Edition 2011

Sepeda ini dibuat terbatas hanya 300 unit untuk memperingati pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton. Didesain dengan warna sake white, dilengkapi dengan S bag bergambar mahkota dan sadel Brooks B17 special copper rail.

Brompton Vic Lee Edition 2012

Vic Lee adalah seorang illustrator asal Clerkenwell, London. Vic Lee mendesain Brompton dengan tema London. Grafis putih hasil karya tangan Vic terukir di atas frame hitam glossy. Sepeda ini digunakan sebagai salah satu hadiah even Brompton World Championship 2011. Tapi karena banyaknya permintaan, akhirnya Brompton besama Vic Lee membuat limited edition 500 unit saja.

Brompton Jubilee 2012

Masih di tahun yang sama, untuk memperingati tahun ke 60 Ratu Elizabeth II bertahta di kerajaan Inggris, Brompton merilis seri Jubilee yang dibuat 500 unit saja. Paduan warna putih, biru dan merah. Dilengkapi tas S bag begambar bendera inggris union jack karya Katie Barton.

Brompton Barcelona 2013

Setelah karya Vic Lee yang menggambarkan kota London, David Torrent ditunjuk untuk menggambarkan kota Barcelona di tubuh Brompton. Warna yg dipilih dengan dasar biru dipadu dengan orange pada mudguard dan sadel. Untuk disain flap S bag, David terinspirasi oleh pattern dan street art yang biasa ditemui di sepanjang jalan dan dinding kota Barcelona.

Brompton Brown Special Edition

Berkolaborasi dengan Line Friend terciptalah edisi terbatas Brown edition yang berwarna coklat. Sepeda yg dibuat hanya 50 unit untuk seluruh dunia ini dilengkapi dengan sadel Brooks B17 dan tas sadel yang semua bergambar tokoh Brown. Dan tidak lupa boneka Brown pun duduk manis di setang. 

Brompton Sally Special Edition

Dengan dasar warna kuning dan orange di headtube menambah manis penampilan Sally. Kali ini brompton menambahkan S bag dengan gambar wajah lucu Sally sama seperti Brown, boneka Sally juga duduk manis di setang.

Brompton x CHPT3

David Millar adalah seorang mantan pembalap dari Inggris dan pemenang salah satu etape Tour de France. David hanya menggunakan sepedanya saat latihan dan saat lomba. Dia sangat jarang menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Setelah pertemuannya dengan Will Butler-Adams, David setuju untuk berkeliling Londondan kota lainnya dengan Brompton. Akhirnya dia memodifikasi sepeda tersebut untuk berlomba dalam Brompton World Championship pada tahun 2015.

Brompton x Barbour

Kali ini Brompton berkolaborasi dengan merek fashion dunia, Barbour. Dengan mengeluarkan sepeda edisi terbatas dan produk fashion untuk urban cycling. Barbour mengeluarkan produknya berupa jaket dan tas warna hijau gelap senada dengan warna sepeda.

 


COMMENTS