Jumbo-Visma tidak menutup peluang untuk menurunkan juara bertahan Tour de France Jonas Vingegaard di Giro d'Italia 2023

Tak ada jaminan bagi Jonas Vingegaard untuk balapan lagi di Tour de France 2023. Sang juara bertahan justru dikaitkan akan menjalani debutnya di Giro d'Italia tahun depan. Selain Vingegaard, pembalap Jumbo-Visma lain yang sangat mungkin bertarung di Italia adalah Primoz Roglic.

Hal tersebut disampaikan Directeur Sportif tim Jumbo-Visma Merijn Zeeman kepada Cycling Today. Menurutnya, belum ada keputusan tentang siapa pembalap yang akan turun di Tour de France tahun depan. Meskipun tim ini diperkuat juara bertahan, namun Vingegaard juga belum mendapatkan jaminan untuk tampil lagi di Prancis.

Zeeman beralasan, ia masih harus bertemu dengan Vingegaard dan tim pelatih. Juga dengan Primoz Roglic yang nirgelar di Grand Tour tahun ini. "Ini akan memakan waktu sekitar dua bulan untuk mempersiapkan semuanya. Kemudian pada Desember nanti kita akan tahu apa yang harus dilakukan," terangnya.

Zeeman menambahkan, bukan tidak mungkin Vingegaard, dan mungkin Roglic, menjajal Giro d'Italia 2023. Jika asumsi ini terwujud, maka Vingegaard akan menjalani debut di Giro. "Jonas tidak pernah membalap di Giro. Jadi ini adalah kesempatan baginya jika dia mau. Tapi dia harus menjadi spesialis time trial untuk memenangkannya," urai Zeeman.

Pria 43 tahun ini menambahkan, gelaran Giro d'Italia 2023 tidak akan mudah. Sebab akan ada tiga etape time trial yang tersebar di pekan pertama dan pekan ketiga. Selain itu, para pembalap juga harus menghadapi pekan terakhir yang sangat berat. Dengan tanjakan-tanjakan yang curam dan panjang.

"Anda harus menjadi pebalap yang lengkap dengan semua dataran tinggi dan etape pegunungan yang sangat sulit. Juga hebat di time trial," imbuh Zeeman.

Jika Vingegaard, atau Roglic, berlaga di Giro, maka persaingan di Negeri Pisa akan sangat seru. Sebab juara La Vuelta a Espana 2022, Remco Evenepoel (QuickStep Alpha Vinyl) juga mengonfirmasi bahwa ia akan turun di Giro 2023.

"Saya pikir Primoz, Jonas, (Tadej) Pogacar, Evenepoel hingga saat ini adalah empat spesialis time trial terbaik di dunia. Mereka semua dapat melakukannya dengan sangat baik di jalur Giro tahun depan," bilang Zeeman. (mainsepeda)

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 111

Foto: ASO


COMMENTS