Usai kecelakaan pada Januari 2022, Egan Bernal berusaha keras untuk bugar agar bisa tampil di Tour de France 2023

Sebenarnya, kondisi Egan Bernal masih belum pulih 100 persen usai kecelakaan pada Januari 2022. Bahkan, ia harus beristirahat sangat panjang. Sebelum akhirnya balapan lagi pada Agustus dan September lalu. Kemudian melalukukan operasi lagi untuk membuat tubuhnya ke kondisi semula.

Sekarang musim balap WorldTour 2022 sudah usai. Para pembalap pulang ke rumahnya masing-masing untuk berkumpul dengan keluarga. Pun demikian dengan Bernal. Hanya saja, pembalap asal Kolombia ini juga mulai merancang agenda balapnya pada musim baru. Apalagi ia berharap bisa berlaga di Tour de France lagi.

Keinginan untuk tampil di Tour de France 2023 disampaikan Bernal ketika diwawancarai Radio Caracol Kolombia belum lama ini. Pembalap 25 tahun ini mengungkapkan, setelah menuntaskan libur akhir tahun, ia akan bersiap untuk kembali membalap pada Januari atau Februari 2023.

Bernal mengungkapkan, tim Ineos Grenadiers sebenarnya memintanya untuk lebih bersantai dalam menjalani proses pemulihan. Akan tetapi, Bernal lah yang membebani dirinya dengan target untuk balapan lagi sesegera mungkin.

"Jika saya ingin kembali berada di level teratas saya, untuk mencoba dan memenangkan Tour de France lagi, maka saya harus mulai bergerak lagi. Saya hidup untuk olahraga. Saya hidup untuk bersepeda. Saya lah yang menempatkan diri saya di bawah tekanan," tegas Bernal.

Bernal tidak main-main. Targetnya adalah kembali ke Tour de France 2023. Bukan perkara mudah. Sebab Bernal harus menjalani recovery panjang. Selain itu, ia juga harus melawan rasa trauma atas kecelakaan yang dialami pada Januari 2022. Saat balapan lagi pada Agustus 2022, ia merasa seperti seorang pembalap baru.

"Jika saya memulihkan kekuatan di kaki kanan saya, yang paling terpengaruh, saya akan memulai 2023 sebagai pembalap normal. Dan saya ingin kembali ke Tur de France. Saya punya delapan atau sembilan bulan untuk mencoba dan melakukan itu. Secara mental saya merasa siap untuk itu," tegasnya. 

"Jadi saya berada dalam kondisi 100 persen, saya ingin berlaga di Grand Tour. Mudah-mudahan itu adalah Tour de France," ucapnya penuh keyakinan. (mainsepeda)

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 111

Foto: Getty Images


COMMENTS