Filippo Ganna benar-benar luar biasa. Pembalap Ineos Grenadiers tersebut kini menjadi pemegang UCI World Hour Record. Ganna berhasil mencatat jarak 56.792 kilometer. Rider asal Italia ini melampaui catatan milik Dan Bigham yang diukir pada 19 Agustus lalu.

Bigham yang bekerja sebagagai performance engineer di Ineos Grenadiers, meraih gelar UCI World Hour Record di Tissot Veoldrome di Grenchen, Swiss. Cyclist asal Inggris itu menembus jarak 55.548 kilometer dalam waktu 60 menit. Ia memecahkan rekor Victor Campenaerts pada 2019 dengan 55.089 kilometer.

BACA JUGA: 55,548 km dalam Sejam, Bigham Pecahkan Rekor Campenaerts

Setelah keberhasilan Bigham itu, Ganna langsung tertantang untuk mencatat hasil lebih baik. Ineos Grenadiers sangat mendukung keputusan pemilik dua gelar juara dunia time trial itu. Tim mapan asal Inggris itu membekali Ganna dengan sepeda Pinarello Bolide khusus yang dicetak 3D.

Bertempat di Tissot Veoldrome di Grenchen, Swiss, Ganna melancarkan aksinya pada Sabtu, 8 Oktober 2022 waktu setempat. Sekitar Minggu, 9 Oktober 2022 dini hari waktu Indonesia. Dengan suhu velodrome sekitar 27 derajat celsius. Diatur agar Ganna bisa senyaman mungkin dalam melaksanakan pemecahan rekor dunia ini.

Ganna menggunakan Pinarello Bolide khusus yang dicetak 3D untuk memecahkan UCI World Hour Record

Segalanya berjalan sangat lancar dan sesuai harapan. Pembalap 26 tahun ini mampu mencapai 227 lap, lima lap lebih banyak daripada Bigham. Konon, Ganna berhasil menyelesaikan tantangan ini dengan kecepatan rata rata lebih dari 58 km/jam. Benar-benar luar biasa.

"Hasil yang luar biasa. Sangat fantastis. Raihan ini untuk semua staf tim yang telah berkerja keras agar saya mencapai hasil ini," kata Ganna.

Tidak hanya memecahkan rekor Bigham saja, Ganna juga melampaui catatan UCI World Hour Record milik Chris Boardman. Eks pembalap asal Inggris itu mampu mencatat jarak 56.375 kilometer pada 1996. Namun raihan ini dihapus oleh UCI karena penggunaan posisi 'superman' yang dilarang

Memecahkan rekor milik Bigham dan melampaui catatan Boardman, membuat rekor Ganna tidak tersentuh. Tapi ada orang yang pasti bisa memecahkan rekor itu. Sosok itu adalah Ganna sendiri. "Saya pikir akan mencobanya lagi dengan kondisi kaki yang lebih baik," tegasnya. (mainsepeda)

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 110

Foto: James Startt/Ineos Grenadiers


COMMENTS