Sagan vs Van der Poel di Kejuaraan Dunia Gravel


Peter Sagan (Slovakia) bukan satu-satunya superstar WorldTour yang akan ambil bagian di UCI Gravel World Championships 2022. Pembalap top lain yang dipastikan ikut adalah Mathieu van der Poel (Belanda). Rider tim Alpecin-Deceuninck itu sangat antusias menjajal edisi perdana Kejuaraan Dunia Gravel ini.

Van der Poel seharusnya tampil di UCI Road World Championships 2022 di Wollongong, Australia. Akan tetapi, tidak kekerassan terhadap dua remaja di hotel tempat ia menginap malam sebelum balapan, membuatnya gagal berlaga. Sebab ia harus berurusan dengan aparat berwajib hingga larut malam.

Sekarang Van der Poel siap menyongsong Kejuaraan Dunia Gravel. Ia akan bersaing dengan pembalap-pembalap lain seperti Sagan, Daniel Oss, Greg Van Avermaet, Gianni Vermeersch, dan Zdenek Stybar.

"Bagi saya ini akan menjadi balapan gravel pertama saya dalam karir saya. Meskipun itu tidak sepenuhnya baru. Saya sudah berlatih dengan sepeda gravel untuk pertama kalinya. Rasanya seperti sesuatu antara balap jalanan dan cyclo-cross. Adaptasi pada sepeda tidak terlalu buruk," kata Van der Poel.

BACA JUGA: Inilah Rute Kejuaraan Dunia Gravel 2022

UCI Gravel World Championships 2022 akhirnya akan berlangsung di jalan gravel  putih di wilayah Veneto, Italia pada 8-9 Oktober mendatang. Lomba dimulai dari Situs Warisan Dunia UNESCO Vicenza. Lalu para pembalap meleintasi medan dekat Kota Finisnya di di Cittadella, sekitar 25 kilometer di timur laut Vicenza.

Kelompok Women Elite bakal digelar pada Sabtu, 8 Oktober 2022. Mereka melintasi rute sepanjang 140 kilometer. Sedangkan kelompok Men Elite menempuh rute sejauh 190 kilometer pada Minggu, 9 Oktober 2022. (mainsepeda)

Podcast Episode Spesial Banyuwangi Bluefire Ijen KOM Challenge 2022

Foto: Getty Images


COMMENTS