September ini benar-benar menjadi bulannya Remco Evenepoel. Ia mengukuhkan diri sebagai juara La Vuelta a Espana 2022. Tepat dua pekan setelah berjaya di Negeri Matador, Evenepoel menjadi juara dunia di UCI Road World Championships 2022 di Wollongong, Australia pada Minggu, 25 September 2022.

Evenepoel dan Wout van Aert memang menjadi andalan Belgia UCI Road World Championships 2022. Evenepoel telah turun di nomor Individual Time Trial (ITT) pada akhir pekan lalu. Akan tetapi, Evenepoel gagal menyabet jersey pelangi dari Australia.

Pembalap 22 tahun ini memetik hasil manis di nomor road. Evenepoel menjadi yang tercepat dalam balapan di rute sepanjang 266,9 kilometer. Peserta start dari Helensburgh ke Wollongong. Evenepoel mulai menyerang di sisa 26 kilometer. Ia melaju tanpa lawan dan menjadi yang pertama memasuki garis finis.

Evenepoel menyelesaikan balapan ini dengan catatan waktu 6 jam 16 menit 8 detik. Pembalap tim QuickStep Alpha Vinyl itu mengungguli Christophe Laporte (Prancis) dan dan Michael Matthews (Australia). Keduanya finis kedua dan ketiga. Mereka terpaut gap lebih dari dua menit.

"Setelah memenangi balapan Monumen di Liège–Bastogne–Liège dan Grand Tour. sekarang saya menjadi juara dunia," ungkap Evenepoel dilansir laman resmi QuickStep Alpha Vinyl.

"Saya memenangkan semua balapan yang saya impikan pada tahun ini. Tentu saja saya tidak tahu apakah bisa mengulanginya pada tahun-tahun mendatang. Ini adalah tahun yang panjang. Sungguh menakjubkan untuk menyelesaikan musim ini dengan cara seperti," imbuh eks pesepak bola Anderlecht dan PSV Eindhoven.

Evenepoel sebenarnya sudah dijagokan menang di Grand Tour, tepatnya di Giro d'Italia, pada 2020 lalu. Namun ia mengalami celaka di Il Lombardia 2022. Membuatnya absen selama berbulan-bulan. Perjalanannya untuk pulih pun sangat panjang. Cukup sering batik dan tidak bisa tidur.

Keja keras Evenepoel membuahkan hasil sesuai harapan. Ia berhasil menggondol gelar juara overall di La Vuelta 2022. Selain itu, Evenepoel juga akan mengenakan jersey pelangi. Konon Evenepoel menjadi pembalap pertama dalam sejarah yang memenangkan La Vuelta dan Kejuaraan Dunia pada tahun yang sama. (mainsepeda)

Hasil Men Elite Road (Top Ten)
1. Remco Evenepoel (Belgia) 6 jam 16 menit 8 detik
2. Christophe Laporte (Prancis) +2:21
3. Michael Matthews (Australia, +2:21
4. Wout van Aert (Belgia) +2:21
5. Matteo Trentin (Italia) +2:21
6. Alexander Kristoff (Norwegia) +2:21
7. Peter Sagan (Slovakia) +2:21
8. Alberto Bettoil (Italia) +2:21
9. Ethan Hayter (Inggris) +2:21
10. Mattias Skjelmose Jensen (Denmark) +2:21

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 109

Foto: Getty Images


COMMENTS