UCI Road World Championships 2022 telah dimulai. Kejuaraan Dunia tahun ini dibuka dengan lomba Individual Time Trial (ITT) untuk kelompok Women Elite pada Minggu, 18 September 2022. Pembalap asal Belanda, Ellen van Dijk menjadi yang tercepat sekaligus back-to-back juara.

Balapan berlangsung di rute sepanjang 34,2 kilometer, yang terbagi dalam dua putaran. Peserta berangkat dari Market Street menuju Marine Drive. Terdapat 43 pembalap yang masuk dalam start list untuk kategori Women Elite. Tapi satu di antaranya memilih tidak start.

Pendukung tuan rumah sempat bungah lantaran Grace Brown memimpin klasemen sementara selama berjam-jam. Dia duduk di kursi panas di hampir sepanjang hari. Start pada pukul 10.00 waktu setempat, Brown melaju dengan kecepatan lebih dari 45 km/jam.

Akan tetapi, mimpi publik Australia untuk melihat jagoannya sebagai juara dunia, dibuyarkan oleh Ellen van Dijk. Pembalap 35 tahun tersebut berhasil melampaui catatan milik Brown. Dengan kecepatan lebih dari 46 km/jam, Van Dijk menyelesaikan balapan ini dengan catatan waktu 44 menit 29 detik.

Grace Brown akhirnya menduduki tempat kedua. Pembalap tim FDJ-SUEZ-Futuroscope itu terpaut 12 detik dari Van Dijk. Sementara rider asal Swiss Marlen Reusser menempati posisi ketiga. Reusser yang tahun lalu menjadi runner up, terpaut hap 41 detik dari sang juara dunia.

"Saya tidak pernah berharap untuk menang. Saya tidak berpikir itu adalah medan yang sempurna bagi saya. Saya hanya berpikir untuk memberikan segalanya hari ini. Meraih podium pasti menyenangkan. Tetapi jika tidak pun tak apa. Sebab saya masih menjalani tahun yang hebat. Saya tidak pernah berpikir saya akan menang hari ini," kata Van Dijk selepas lomba.

Keberhasilan Van Dijk ini mengulang prestasinya pada tahun lalu. Dia menyandang status juara bertahan di UCI Road World Championships 2022. Selain itu, ini adalah gelar juara dunia ketiga untuk member tim Trek-Segafredo ini. Van Dijk menjadi wanita tercepat di dunia pada 2013, 2021, dan 2022.

Tiga gelar juara dunia ITT ini menjadikan Van Dijk sebagai pembalap tersukses kedua di dunia. Van Dijk berada di belakang Jeannie Longo (Prancis). Sejak balapan ITT dilombakan di kategori Women Elite di Kejuaraan Dunia 1994, Jeannie Longo mengantongi empat gelar pada 1995, 1996, 1997, dan 2001.

Selanjutnya, UCI Road World Championships 2023 akan berlangsung di Glasgow, Skotlandia. Van Dijk berharap bisa juara dunia lagi. Sekaligus menyamai prestasi Longo. "Sekarang saya akan menikmati medali emas ini. Saya senang dengan tiga gelar juara dunia saya," bilang Van Dijk.

Sementara itu, Vittoria Guazzini (Italia) yang finis keempat hari ini, dinobatkan sebagai juara dunia ITT perdana untuk kategori Women U-23. (mainsepeda)

Hasil Women Elite Individual Time Trial (Top Ten)
1. Ellen van Dijk (Belanda) 44 menit 29 detik
2. Grace Brown (Australia) +12
3. Marlen Reusser (Swiss) +41
4. Vittoria Guazzini (Italia) +52
5. Leah Thomas (Amerika Serikat) +1:18
6. Kristen Faulkner (Amerika Serikat) +1:25
7. Annemiek van Vleuten (Belanda) +1:43
8. Georgia Baker (Australia) +1:46
9. Lotte Kopecky (Belgia) +1:50
10. Anna Kiesenhofer (Austria) +1:56

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 108
https://www.youtube.com/watch?v=teEqGtQq0Qw

Foto: UCI Media


COMMENTS