Evenepoel Menang dan Pupuskan Ambisi Jumbo-Visma


Harapan tim Jumbo-Visma untuk mendapatkan satu kemenangan etape sepeninggal Primoz Roglic, gagal terwujud di Etape 18 La Vuelta a Espana 2022. Ambisi tersebut dibuyarkan Remco Evenepoel (QuickStep Alpha Vinyl) di Alto del Piornal pada Kamis, 8 September 2022.

Etape 18 menantang para pembalap untuk menaklukkan Alto del Piornal. Ini adalah tanjakan Ketegori 1 sepanjang 13,3 kilometer dengan gradien rata-rata 5,6 persen. Para pembalap berangkat dari Trujillo dengan total jarak 192 kilometer.

Kesempatan Jumbo-Visma untuk meraih kemenangan etape ketiga di La Vuelta 2022, terbuka lewat Robert Gesink. Pembalap senior asal Belanda ini menyerang sendirian di 6,5 kilometer menuju finis. Ia terpaut hampir satu menit dari Evenepoel dan Enric Mas (Movistar).

Sayangnya, kemenangan yang sudah di depan mata tersebut sirna di sisa 200 meter. Bermula dari akselerasi Mas yang diikuti Evenepoel di kilometer pemungkas. Mereka tancap gas di tanjakan Alto del Piornal guna menjangkau Gesink. Keduanya berhasil menangkap Gesink di sisa 200 meter.

Kemudian Evenepoel meningkatkan kecepatannya. Ia melancarkan manuver di sisa 100 meter. Mas dan Gesink tak kuasa mengejar. Evenepoel menahbiskan diri sebagai pemenang di Etape 18. Ia mengelesaikan tahapan ini dengan catatan waktu 4 jam 45 menit 17 detik. Mas dan Gesink finis kedua dan ketiga dengan gap dua detik.

"Ini benar-benar pencapaian baru dalam hidup saya. Ini adalah etape yang sangat sulit dengan tanjakan yang sangat sulit di kilometer final. Kami berusaha tenang saat lawan melakukan serangan. Itulah yang saya pelajari di etape ini. Harus tetap tenang," bilang Evenepoel selepas balapan.

Ini merupakan kemenangan etape kedua untuk pembalap 22 tahun tersebut. Sebelumnya, Evenepoel finis pertama dalam balapan Individual Time Trial (ITT) di Etape 10. "Menang di puncak gunung dengan jersey merah terasa luar biasa. Saya pikir ini adalah hari yang paling sempurna yang pernah ada," ungkapnya.

Kemenangan ini makin memantapkan posisi Evenepoel di puncak General Classification (GC). Rider asal Belgia itu memperlebar jarak dengan Mas. Dengan sisa tiga etape, Evenepoel makin mantap sebagai kandidat peraih jersey merah pada musim ini.

Selanjutnya, para pembalap akan melaju di rute sepanjang 138,3 kilometer di Etape 19. Balapan akan berlangsung di Talavera de la Reina. Para pembalap harus dua kali nanjak di Puerto del Pielago. Ini adalah tanjakan Kategori 2 sepanjang sembilan kilometer dengan gradien rata-rata 5,9 persen. (mainsepeda)

Hasil Etape 18 La Vuelta a Espana 2022 (Top Ten)
1. Remco Evenepoel (Belgia), QuickStep Alpha Vinyl 4 jam 45 menit 17 detik
2. Enric Mas (Spanyol), Movistar +2
3. Robert Gesink (Belanda), Jumbo-Visma) +2
4. Jai Hindley (Australia), Bora-Hansgrohe +13
5. Thymen Arensman (Belanda), Team DSM +13
6. Thibaut Pinot (Prancis), Groupama-FDJ +13
7. Ben O'Connor (Australia), AG2R Citroen +13
8. Juan Ayuso (Spanyol), UAE Team Emirates +13
9. Miguel Angel Lopez (Kolombia), Astan Qazaqstan +13
10. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +13

General Classification usai 18 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Remco Evenepoel (Belgia), QuickStep Alpha Vinyl 69 jam 59 menit 12 detik
2. Enric Mas (Spanyol), Movistar +2:07
3. Juan Ayuso (Spanyol), UAE Team Emirates +5:14
4. Miguel Angel Lopez (Kolombia), Astana Qazaqstan +5:56
5. Carlos Rodríguez (Spanyol), Ineos Grenadiers +6:49
6. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +7:14
7. Thymen Arensman (Belanda), Team DSM +8:09
8. Ben O’Connor (Australia), AG2R Citroon +9:34
9. Rigoberto Uran (Kolombia), EF Education-EastPost +9:56
10. Jai Hindley (Australia), Bora-Hansgrohe +12:03

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 107

Foto: Getty Images


COMMENTS