Richard Carapaz (Ineos Grenadiers) sedang on fire. Pembalap asal Ekuador itu finis pertama di Etape 14 La Vuelta a Espana 2022. Ini adalah kemenangan keduanya di La Vuelta musim ini. Sementara Remco Evenepoel (QuickStep Alpha Vinyl) masih bertahan di puncak General Classification (GC).

Carapaz benar-benar cemerlang di pekan kedua La Vuelta 2022. Peraih medali emas Olimpiade Tokyo ini baru saja memenangi Etape 12 di puncak Penas Blancas. Estepona. Dua hari berselang, Carapaz naik podium lagi di Etape 14 pada Sabtu, 3 September 2022.

Tahapan ini berlangsung dari Montoro menuju Sierra de La Pandera. Menempuh total jarak 160,3 kilometer. Meski pendek, para pembalap harus menaklukkan Sierra de La Pandera untuk mencapai garis finis. Ini adalah tanjakan Kategori 1 sejauh 8,5 kilometer dengan grandien 7,6 persen.

Carapaz benar-benar perkasa di Sierra de La Pandera. Ia menyelesaikan tanjakan ini dengan catatan waktu 4 jam 9 menit 27 detik. Carapaz mengalahkan dua climber top, yakni Miguel Angel Lopez (Astana Qazaqstan) dan Primoz Roglic (Jumbo-Visma) dengan selisih delapan detik.

"Kami tahu bahwa hari ini adalah etape yang sangat penting bagi kami. Bahwa kami dapat mengulangi apa yang kami lakukan kemarin di etape sebelumnya. Saya bisa menyerang, saya melakukan solo dan kemudian rekan-rekan saya yang memisahkan diri, bergabung dengan saya. Kemudian kami berkolaborasi dengan bagus," kata Evenepoel.

Pembalap 29 tahun tersebut melakukan pendakian dengan sangat baik. Carapaz mengaku mengatur kecepatannya sendiri. "Ini adalah kemenangan etape yang hebat. Kemebangan ini cukup penting bagi saya," imbuh mantan pembalap tim Movistar itu.

Evenepoel masih bertengger di puncak GC

Sementara itu, hasil Etape 14 membuat persaingan di GC makin panas. Evenepoel masih bertahan di puncak. Rider asal Belgia ini tetap berhak mengenakan jersey merah. Akan tetapi, Roglic yang finis ketiga di tahapan ini, berhasil memperpendek jarak menjadi kurang dari dua menit.

"Ini bukan hari terbaik saya. Saya sedikit menderita karena saya tidak memiliki kaki terbaik saya. Tetapi tidak ada alasan untuk panik. Jika ini adalah hari buruk saya, maka saya bisa puas dengan itu. Penting untuk memulihkan diri dan bersiap untuk etape berikutnya," ungkap Evenepoel dalam laman resmi tim.

Selanjutnya pembalap kembali dihadapkan dengan tanjakan di Etape 15. Peloton akan bertolak dari Martos menuju puncak Sierra Nevada. Inilah tanjakan Hors Categorie (HC) sepanjang 19,5 kilometer dengan gradien rata-rata 7,9 persen. (mainsepeda)

Hasil Etape 14 La Vuelta a Espana 2022 (Top Ten)
1. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers 4 jam 9 menit 27 detik
2. Miguel Angel Lopez (Kolombia), Astana Qazaqstan +8
3. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +8
4. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +27
5. Carlos Rodríguez (Spanyol), Ineos Grenadiers +36
6. Enric Mas (Spanyol), Movistar +36
7. Thymen Arensman (Belanda), Team DSM +51
8. Remco Evenepoel (Belgia), QuickStep Alpha Vinyl +56
9. Juan Ayuso (Spanyol), UAE Team Emirates +56
10. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +1:24

General Classification usai 14 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Remco Evenepoel (Belgia), QuickStep Alpha Vinyl 52 jam 21 menit 33 detik
2. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +1:49
3. Enric Mas (Spanyol), Movistar +2:43
4. Carlos Rodríguez (Spanyol), Ineos Grenadiers +3:46
5. Juan Ayuso (Spanyol), UAE Team Emirates +4:53
6. Miguel Angel Lopez (Kolombia), Astana Qazaqstan +6:02
7. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +6:49
8. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +6:56
9. Tao Geoghegan Hart (Inggris), Ineos Grenadiers +8:49
10. Ben O’Connor (Australia), AG2R Citroon +9:12

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 106

Foto: Getty Images


COMMENTS