Alaphilippe Terancam Absen di Kejuaraan Dunia 2022


Musim 2022 benar-benar menjadi periode yang sulit untuk Julian Alaphilippe (QuickStep Alpha Vinyl). Sang juara dunia mengalami kecelakaan horor di Liège-Bastogne-Liège 2022 pada akhir April lalu. Insiden ini bikin Alaphilippe rehat selama dua bulan. Saat mulai balapan lagi, ia kembali celaka di La Vuelta a Espana 2022.

Alaphilippe datang ke Spanyol tanpa target muluk. Pasalnya, ia baru pulih dari cedera. Selain itu, La Vuelta 2022 adalah balapan kelimanya usai dinyatakan pulih. Akan tetapi, Alaphilippe masih dirundung kemalangan. Ia celaka di Etape 11 pada Rabu, 31 Agustus kemarin.

Alaphilippe terjatuh di tengah balapan. Ia tampak mengerang kesakitan sambil memegangi lengan kanannya. Rider asal Prancis tersebut langsung dilarikan ke rumah sakit. Berdasarkan hasil pemeriksaan oleh tim dokter, Alaphilippe mengalami diskolasi bahu. Kabar baiknya, tidak ada tulang yang retak atau patah.

Sekarang pembalap 30 tahun tersebut telah dipindah ke Belgia untuk menjalani pemeriksaan lebih detail di salah satu rumah sakit di Herentals.

"Pada saat ini kami belum bisa memastikan berapa lama ia harus menjalani program pemulihan. Semua orang di tim QuickStep Alpha Vinyl mendoakan yang terbaik untuk Julian untuk kesembuhannya," bunyi pernyataan resmi tim asal Belgia itu.

Selain celaka di Liège-Bastogne-Liège 2022 dan La Vuelta 2022, Alaphilippe juga terjatuh saat balapan di Strade Bianche dan Brabantse Pijl. Kemudian ia terpapar Covid-19 ketika sedang berlomba di Tour de Wallonie pada akhir Juli lalu. Situasi tersebut membuatnya mundur sebelum dimulainya Etape 3.

Sekarang Alaphilippe hanya bisa berharap pemeriksaan di Herentals bisa menghindarkannya dari cedera yang lebih parah. Jika tidak, Alaphilippe terancam absen dalam Kejuaraan Dunia Road 2022 yang akan diadakan di Wollongong pada 25 September mendatang. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 106

Foto: Getty Images


COMMENTS