Groves Menang Sprint, Evenepoel Pertahankan Jersey Merah


Kaden Groves (BikeExchange-Jayco) mewujudkan mimpi meraih kemenangan di ajang Grand Tour. Sprinter 23 tahun tersebut finis pertama di Etape 11 La Vuelta a Espana 2022 pada Rabu, 31 Agustus 2022. Ini adalah kemenangan ketiganya sepanjang musim ini.

Pembalap asal Australia ini mencuat usai meraih kemenangan etape di Volta Ciclista a Catalunya 2022 pada akhir Maret lalu. Kini ia mendapatkan kesempatan membela BikeExchange-Jayco di La Vuelta 2022. Groves membayar kepercayaan timnya dengan meraih kemenangan etape.

Tahapan ini menghadirkan rute sepanjang 191,2 kilometer. Para pembalap bertolak dari ElPozo Alimentación menuju Cabo de Gata. Balapan dibuka dengan aksi breakaway oleh tiga pembalap, yakni Jetse Bol (Burgos-BH), Joan Bou (Euskaltel-Euskadi), dan Vojtech Repa (Equipo Kern Pharma).

Mereka melakukan breakaway sejak bendera start dikibarkan. Ketiganya mendominasi di hampir keseluruhan lomba. Repa dan Bou tertangkap rombongan besar di sisa 50 kilometer. Sementara Jetse Bol kembali ke peloton di sisa 26 kilometer.

Setelah itu Mads Pedersen (Trek-Segafredo) coba mendominasi balapan. Tapi mantan juara dunia asal Denmark itu gagal mempertahankan posisinya di kilometer pemungkas. Sebaliknya, BikeExchange-Jayco berhasil menempatkan Groves ke posisi terbaik untuk sprint.

Akselerasi yang dilakukan Groves berakhir dengan sempurna. Ia finis pertama dengan catatan waktu 5 jam 3 menit 14 detik. Dua pembalap kawakan, Danny Van Poppel (Bora-Hansgrohe) dan Tim Merlier (Alpecin-Deceuninck) finis di posisi kedua dan ketiga.

"Rasanya luar biasa. Pagi ini kami mendengar berita bahwa Simon (Yates) positif Covid. Kami cukup kecewa. Inilah cara terbaik untuk bangkit kembali setelah berita buruk tersebut. Saya sangat senang untuk merayakannya. Tapi saya juga berharap Simon ada di sini. Karena ia adalah bagian dari tim ini," ungkap Groves.

Sementara itu, Remco Evenepoel (QuickStep Alpha Vinyl) berhasil mempertahankan posisinya di puncak General Classification (GC). Ia terpaut hampir tiga menit dari pesaing terdekatnya Primoz Roglic (Jumbo-Visma). Meski demikian, Evenepoel berduka karena kehilangan Julian Alaphilippe akibat kecelakaan.

"Itu membuatnya menjadi hari yang kurang indah dari yang kami harapkan. Saya tidak tahu persis apa yang terjadi atau apa hasilnya. Tapi itu pasti kerugian besar bagi tim kami," sesalnya.

Selanjutnya, para pembalap harus menuntaskan rute sepanjang 192,7 kilometer dari Salobrena ke Penas Blancas. Estepona. Pembalap harus menaklukkan tanjakan sepanjang 19,8 kilometer dengan gradien rata-rata 6,3 persen untuk mencapai garis finis. (mainsepeda)

Hasil Etape 11 La Vuelta a Espana 2022 (Top Ten)
1. Kaden Groves (Australia), BikeExchange-Jayco 5 jam 3 menit 14 detik
2. Danny Van Poppel (Belanda), Bora-Hansgrohe +0
3. Tim Merlier (Belgia), Alpecin-Deceuninck +0
4. Juan Sebastian Molano (Kolombia), UAE Team Emirates +0
5. Mads Pedersen (Denmark), Trek-Segafredo +0
6. Daniel McLay (Inggris), Arkaa Samsic +0
7. John Degenkolb (Jerman), Team DSM +0
8. Fred Wright (Inggris), Bahrain-Victorious +0
9. Cedric Beullens (Belgia), Lotto-Soudal +0
10. Boy Van Poppel (Belanda), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +0

General Classification usai 11 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Remco Evenepoel (Belgia), QuickStep Alpha Vinyl 39 jam 39 menit 4 detik
2. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +2:41
3. Enric Mas (Spanyol), Movistar +3:03
4. Carlos Rodríguez (Spanyol), Ineos Grenadiers +3:55
5. Juan Ayuso (Spanyol), UAE Team Emirates +4:53
6. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +6:45
7. Miguel Angel Lopez (Kolombia), Astana Qazaqstan +6:50
8. Tao Geoghegan Hart (Inggris), Ineos Grenadiers +7:37
9. Ben O'Connor (Australia), AG2R Citroen +7:46
10. Thymen Arensman (Belanda), Team DSM +8:44

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 106

Foto: Getty Images


COMMENTS