Herrada Menang Sprint, Evenepoel Pertahankan Jersey Merah


Jesus Herrada (Cofidis) mencatat kemenangan di Etape 7 La Vuelta a Espana 2022. Pembalap asal Spanyol ini menang sprint di kilometer pemungkas di tahapan ini. Ia mengalahkan Samuele Battistella (Astana Qazaqstan) dan Fred Wright (Bahrain-Victorious).

Tahapan ini dikuasai oleh pembalap breakaway. Enam pembalap melarikan diri dari rombongan besar di sekitar tujuh kilometer setelah bendera start dikibarkan di Camargo. Herrada, Wright, Battistella, Harry Sweeny (Lotto Soudal), Omer Goldstein (Israel-Premier Tech), dan Jimmy Janssens (Alpecin-Deceuninck).

Keenam pembalap ini bekerja sama sepanjang hari untuk mendominasi balapan. Mereka memimpin di hampir keseluruhan lomba. Kelompok ini tersisa lima orang setelah Goldstein rontok di sisa 72 kilometer. Lima pembalap yang tersisa kemudian beradu sprint di kilometer terakhir.

Wright sebenarnya memulai sprint terlebih dulu. Hanya saja, pembalap asal Inggris ini gagal mempertahankan posisinya hingga menyentuh garis finis. Herrada berhasil menyalipnya di sisa 50 meter. Ia finis pertama di etape ini. Posisi kedua direbut Battistella. Wright dipaksa puas di peringkat ketiga.

Ini adalah kemenangan etape kedua bagi pembalap 32 tahun tersebut di panggung terbesar di Negeri Matador. Sebelumnya, ia finis pertama di Etape 6 La Vuelta 2019. Tak hanya itu saja, ini adalah kemenangan pertama Herrada di WorldTour selama kurang lebih tiga tahun.

Sementara itu, Remco Evenepoel (QuickStep Alpha Vinyl) sukses mempertahankan posisinya di puncak General Classification (GC). Ia mengungguli Rudy Molard (Groupama-FDJ) dan Enric Mas (Movistar). Pembalap 22 tahun asal Belgia ini masih berhak atas jersey merah.

Selanjutnya, Etape 8 akan membawa peloton menghadapi pelbagai tanjakan. Para pembalap akan start dari Pola de Laviana menuju Collau Fancuaya. Panjang rutenya 153,4 kilometer. Tiga tanjakan Kategori 3 dan dua tanjakan Kategori 2 menjadi tantangan yang harus dihadapi.

Lalu para pembalap harus mendaki menuju puncak Collau Fancuaya untuk menggapai garis finis. Ini merupakan tanjakan Kategori 1 sepanjang 10,3 kilometer dengan gradien maksial 11,8 persen. Evenepoel berharap meraih kemenangan di etape ini sekaligus mempertahankan posisinya di puncak klasemen overall.

"Sebenarnya ada dua etape tanjakan yang harus saya lalui pada akhir pekan ini. Saya pikir balapan pada hari Sabtu akan lebih sulit daripada hari Minggu," ungkapnya dilansir Cyclingweekly. (mainsepeda)

Hasil Etape 7 La Vuelta a Espana 2022 (Top Ten)
1. Jesus Herrada (Spanyol), Cofidis 4 jam 30 menit 58 detik
2. Samuele Battistella (Italia), Astana Qazaqstan +0
3. Fred Wright (Inggris), Bahrain-Victorious +0
4. Jimmy Janssens (Belgia), Alpecin-Deceuninck +0
5. Harry Sweeny (Australia), Lotto-Soudal +0
6. Sam Bennett (Irlandia), Bora-Hansgrohe +29
7. Jake Steward (Inggris), Groupama-FDJ +29
8. Kaden Groves (Australia), BikeExchange-Jayco +29
9. Mads Pedersen (Denmark), Trek-Segafredo +29
10. Daniel McLay (Inggris), Arkea Samsic +29

General Classification usai 7 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Remco Evenepoel (Belgia), QuickStep Alpha Vinyl 25 jam 21 menit 34 detik
2. Rudy Molard (Prancis), Groupama-FDJ +21
3. Enric Mas (Spanyol), Movistar +28
4. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +1:01
5. Juan Ayuso (Spanyol), UAE Team Emirates +1:12
6. Pavel Sivakov (Prancis), Ineos Grenadiers +1:27
7. Tao Geoghegan Hart (Inggris), Ineos Grenadiers +1:27
8. Carlos Rodríguez (Spanyol), Ineos Grenadiers +1:34
9. Simon Yates (Inggris), BikeExchange-Jayco +1:52
10. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +1:54

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 106

Foto: Getty Images


COMMENTS