Bupati Kuningan Acep Purnama berkunjung ke kantor DBL Indonesia di Surabaya pada Rabu, 24 Agustus 2022. Ia disambut founder Mainsepeda.com, Azrul Ananda. Dalam pertemuan selama hampir dua jam itu, Acep dan Azrul banyak berdiskusi tentang event sepeda. Serta pengembangan sport tourism di Kabupaten Kuningan.

Sebelumnya, dua sosok yang sama-sama menggemari olahraga sepeda ini telah bertemu di Kuningan pada awal Agustus lalu. Bahkan, Azrul yang kala itu datang bersama Johnny Ray, sempat podcast bareng Acep di Gedung Perundingan Linggarjati.

Acep tidak datang sendirian dalam kunjungan ke Surabaya kali ini. Ia ditemani Sekda Kuningan Dian Rachmat Yanuar, Kepala Dinas DPPKBP3A Trisman Supriatna, Ketua ISSI Kuningan Agus Sadeli, CEO Radar Cirebon Yanto S. Utomo, beserta jajaran terkait.

Sport tourism menjadi topik diskusi kali ini. Acep dan jajarannya menggali masukan dari Azrul untuk memajukan sektor pariwisata Kuningan melalui gelaran olahraga. Utamanya sepeda. Acep mengungkapkan bahwa pihaknya berniat menghidupkan kembali Tour de Linggarjati. Event ini kali terakhir digelar pada 2019 lalu.

"Selain ingin mendapatkan dukungan, kami juga ingin memperoleh masukan dari Mas Azrul. Apalagi Kabupaten Kuningan punya banyak potensi untuk olahraga sepeda. Bahkan kami pernah menggelar Tour de Linggarjati," terang Acep yang pernah menjabat sebagai Ketua ISSI Kabupaten Kuningan itu.

Setelah gowes dari Cirebon ke Kuningan pada awal Agustus lalu, Azrul takjub dengan keindahan kota di kaki Gunung Ciremai ini. Menurutnya, ada banyak alternatif rute yang indah sekaligus menantang di Kuningan. Tak hanya itu saja, Kuningan juga punya potensi menjadi destinasi sepeda di Indonesia.

"Kuningan punya Tour de Linggarjati yang dulu terkenal sekali di kalangan pembalap. Ke depan bisa dipadukan dengan untuk pehobi sepeda atau komunitas. Sehingga bisa mendatangkan peserta ke Kuningan. Juga untuk memperkenalkan Kuningan ke kalangan cyclist," ucap Azrul. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda 'Perundingan Linggarjati untuk Cyclist Indonesia'

Foto: MacDonald Arthur Lumenta


COMMENTS