Ayustina Delia Priatna kembali membuat Indonesia bangga. Pembalap asal Jawa Barat (Jabar) ini merebut perak perdana untuk kontingen Merah Putih di Islamic Solidarity Games (ISG) V 2021 di Konya, Turki. Ayu finis kedua di nomor Women's Omnium.

Dalam lomba yang berlangsung di Konya Velodrome pada Senin, 8 Agustus 2022 waktu setempat itu, Ayu finis kedua di bawah Rinata Sultanova (Kazakhstan). Sedangkan tempat ketiga dihuni pembalap asal Malaysia Nur Aisyah Zubir.

"Medali perak ini ibaratnya perjuangan tumpah darah. Sebab sudah lama saya tidak turun di nomor track dan baru mencoba lagi. Ini turnamen ketiga saya di nomor track setelah India dan Kolombia. Tetapi ibaratnya di sini saya benar-benar bermain," kata Ayu dalam siaran pers NOC Indonesia.

Selain di nomor Women's Omnium, Ayu juga tampil di nomor Women's Scratch. Akan tetapi, member KGB Racing ini gagal meraih medali karena finis di posisi enam. Sementara pembalap putra Indonesia Aiman Cahyadi tidak berhasil membawa pulang medali dari disiplin track di ISG 2021.

Medali perak yang diraih Ayu merupakan yang pertama bagi kontingen Indonesia di ISG 2021. Sebelumnya, tim Merah Putih meraih satu perunggu melalui Eki Febri Ekawati di nomor tolak peluru putri. Medali emas dan perak menjadi milik wakil turki, Emel Dereli dan Pınar Akyol.

Kontingen Indonesia sendiri tidak mengikuti semua nomor yang dilombakan di ISG 2021. Melejitnya harga tiket pesawat membuat Indonesia hanya tampil di 13 cabang olahraga. Ke-13 cabang olahraga itu adalah panahan, atletik, balap sepeda, senam, judo, karate, kickboxing, menembak, renang, taekwondo, angkat besi, gulat, dan tenis meja. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 102

Foto: Official ISG


COMMENTS