Gowes 77 Km Keliling Beijing untuk Memperingati HUT RI

Sebanyak 100 warga Indonesia yang bermukim di Beijing, Tiongkok gowes bareng pada akhir pekan kemarin. Mereka menempuh total jarak 77 kilometer. Acara yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar RI di Beijing itu digelar dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77.

Para peserta gowes bertolak dari kompleks KBRI Beijing di Dongzhimen Wai Dajie, Distrik Chaoyang, Beijing. Mereka menuju ring road 4 Kota Beijing. Melintasi beberapa distrik, yakni Chaoyang, Haidian, Shijingshan, Fengtai, dan kembali lagi ke Chaoyang. Finisnya di kompleks KBRI Beijing.

"Jarak 77 kilometer yang kami tempuh itu angkanya sesuai dengan usia negara kita yang sudah mencapai 77 tahun," jelas Ketua Panitia HUT ke-77 Perayaan Kemerdekaan RI di Beijing, Raden Fitri Saptaji dilansir Antara.

Gowes ini makin syahdu karena secara kebutulan Kota Beijing diselimuti awan mendung pada saat itu. Tetapi tidak sampai turun hujan. Sehingga perjalanan para peserta gowes bareng yang dipimpin Duta Besar RI untuk Tiongkok, Djauhari Oratmangun ini sangat lancar hingga finis.

"Kebetulan situasi Covid-19 di Beijing agak reda sehingga kami bisa menyelenggarakan kegiatan ini dengan leluasa," kata Fitri yang juga menjabat sebagai Atase Keimigrasian KBRI Beijing tersebut.

Setelah menyelesaikan gowes dalam empat jam, para cyclist langsung disuguhi mi ongklok setibanya di garis finis. Mi ini adalah makanan khas Wonosobo, Jawa Tengah. Lengkap dengan beraneka ragam jajanan lain yang dijamin bisa memanjakan lidah.

Selain sepeda santai keliling ibu kota, KBRI Beijing juga mengadakan pertandingan bulu tangkis dan tenis meja dalam rangkaian peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI itu. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 102

Foto: Antara


COMMENTS