Higuita Menang dan Ambil Alih Puncak GC


Sergio Higuita melanjutkan tren positifnya sejak pindah dari tim EF ke Bora-Hansgrohe. Pembalap asal Kolombia itu memenangi Etape 3 Tour de Pologne 2022 pada Senin, 1 Agustus 2022. Kemenangan ini mengantarkannya memuncaki General Classification (GC).

Tahapan ini menyajikan rute terpanjang di Tour de Pologne 2022. Para pembalap harus melibas rute sepanjang 237,9 kilometer. Start dari Krasnik menuju Przemysl. Ada tiga tanjakan Kategori 3 dan Kategori 2 di sepertiga akhir balapan ini.

Finisnya pun mengharuskan para pembalap nanjak sejauh 1,5 kilometer dengan gradien rata-rata 7,7 persen. Mike Teunissen (Jumbo-Visma) yang menjadi bagian dari kelompok breakaway, masih berada di baris terdepan hingga kilometer terakhir.

Sayang, harapannya untuk memenangi Etape 3 langsung menguap karena Teunissen tertangkap peloton di 600 meter menuju finis. Kemudian masing-masing tim mempersiapkan pelari cepatnya untuk bertarung menuju garis finis. Hasilnya, Higuita berhasil finis pertama dalam uphill sprint di Przemysl itu.

Juara nasional Kolombia itu menyelesaikan tahapan ini dengan catatan waktu 5 jam 25 menit 46 detik. Pello Bilbao (Bahrain Victorious) finis kedua. Sementara Quinten Hermans (Intermarché–Wanty–Gobert Matériaux) menghuni tempat ketiga.

"Tanjakan terakhirnya sangat sulit dan curam. Saya berlatih di tanjakan seperti ini di Kolombia. Jadi ketika mulai nanjak, saya meninggalkan sedikit tenaga untuk 200 meter terakhir. Saya hanya menunggu celah untuk berlari ke garis finis," terang Higuita selepas balapan.

Ini adalah kemenangan etape ketiga Higuita sepanjang 2022. Sebelumnya, pembalap 25 tahun itu finis pertama di Etape 5 Volta ao Algarve dan Etape 4 Tour de Romandie. Kemenangan ini membawa Higuita melesat ke posisi pertama di GC. Menggusur Jonas Abrahamsen (Uno-X Pro).

Kemenangan tersebut juga menjadi hadiah ulang tahun ke-25 bagi pembalap kelahiran 1 Agustus itu. "Ini adalah kemenangan yang indah untuk saya. Sekaligus memberikan hadiah ulang tahun yang bagus untuk saya," ucap pembalap kelahiran Medellín, Kolombia itu.

Selanjutnya, Etape 4 membawa peloton melaju dari Lesko menuju Sanok. Panjang rutenya 179,4 kilometer. Ada tiga tanjakan kategori yang harus ditaklukkan para pembalap di tahapan ini. (mainsepeda)

Hasil Etape 3 Tour de Pologne 2022 (Top Ten)
1. Sergio Higuita (Kolombia), Bora-Hansgrohe 5 jam 25 menit 46 detik
2. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +0
3. Quinten Hermans (Belgia), Intermarché–Wanty–Gobert Matériaux +0
4. Matteo Sobrero (Italia), BikeExchange-Jayco +0
5. Quentin Pacher (Prancis), Groupama-FDJ +0
6. Mauro Schmid (Swiss) Quick-Step Alpha Vinyl +0
7. Felix Gall (Austria), AG2R Citroën +0
8. Stephen Williams (Inggris), Bahrain Victorious    +0
9. Lucas Hamilton (Australia), BikeExchange-Jayco+0
10. Diego Ulissi (Italia), UAE Team Emirates +0

General Classification usai 3 etape dari 7 etape (Top Ten)
1. Sergio Higuita (Kolombia), Bora-Hansgrohe 15 jam 31 menit
2. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +4
3. Quinten Hermans (Belgia), Intermarché-Wanty-Gobert +6
4. Ethan Hayter (Inggris), Ineos Grenadiers +10
5. Diego Ulissi (Italia), UAE Team Emirates +10
6. Matteo Sobrero (Italia), BikeExchange-Jayco +10
7. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +10
8. Mauro Schmid (Swiss) Quick-Step Alpha Vinyl +10
9. Quentin Pacher (Prancis), Groupama-FDJ +10
10. Lucas Hamilton (Australia), BikeExchange-Jayco +10

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 101

Foto: Getty Images


COMMENTS