Mathieu van der Poel gagal total di Tour de France 2022. Alih-alih bersaing dalam perebutan green jersey, rider tim Alpecin-Deceuninck itu justru angkat kaki di tengah Etape 11. Kini Alpecin-Deceuninck mengistirahatkan Van der Poel dan belum memberikan program balap untuknya.

Van der Poel bertarung di Tour de France sebulan setelah menuntaskan Giro d'Italia. Kiprahnya di Negeri Pisa sejatinya tidak terlalu istimewa. Hanya memenangi etape pertama dan sempat memakai maglia rosa. Namun ia tenggelam di Points Classification dan gagal meraih maglia ciclamino.

Van der Poel seakan kehilangan kesaktiannya sepulang dari Italia. Alhasil, ia tampil belepotan di Tour de France 2022. Jangan menyandingkannya dengan Wout van Aert (Jumbo-Visma), meski keduanya sering dibanding-bandingkan selama ini. Sebab, performa Van der Poel jauh di bawah superstar asal Belgai itu.

Dalam wawancara dengan televisi asal Belanda, Nederlandse Omroep Stichting (NOS), Van der Poel menilai ada yang kurang tepat dalam program latihannya setelah Giro dan sebelum Tour de France 2022. Ia merasa sesi latihan di ketinggian itu justru menguras habis tenaganya.

"Saya tidak yakin seratus persen, tetapi saya merasa ada hubungannya dengan itu," terang pembalap asal Belanda ini.

Direktur Alpecin-Deceuninck, Christoph Roodhooft punya jawaban berbeda. Menurutnya, Van der Poel memulai Tour de France dengan kondisi baik-baik saja. "Tubuhnya terlihat sehat ketika kami melakukan tes. Ini pasti hanya beberapa momen buruk," katanya kepada VeloNews.

Menurut Roodhooft, Tour de France adalah balapan paling bergengsi di dunia. Bukan hanya butuh kondisi tubuh yang bugar untuk berjaya di Prancis. Faktor mental juga sangat berpengaruh. Apalagi balapan ini berlangsung selama tiba pekan.

"Ketika Anda bersaing di Tour de France namun tidak dalam level tertinggi, hal-hal seperti ini bisa terjadi," urai pria asal Belgia tersebut.

Roodhooft tak ingin berdebat dengan pembalap andalannya itu. Sebaliknya, ia memberikan waktu libur kepada Van der Poel. Bahkan, mereka masih belum menyusun jadwal balapan Van der Poel di sisa musim ini.

"Ia harus berhenti sejenak dari balapan meski saya tahu ia tidak menyukainya. Mathieu sekarang harus memulai kembali dengan suasana hati yang segar dan sebaik mungkin," harap Roodhooft. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 101

Foto: Getty Images, ASO


COMMENTS