Kepala SMA Lokon Ajak Cyclist Gowes ke Tomohon


Stephanus Ignatius Poluan. Sosok yang satu ini begitu lekat dengan dunia basket. Stephanus menjabat Kepala Sekolah (Kepsek) SMA Lokon St.Nikolaus Tomohon. Salah satu sekolah jagoan basket di Sulawesi Utara (Sulut) dan di Indonesia Timur.

SMA Lokon merupakan salah satu sekolah yang disegani di Honda DBL seri Manado. SMA telah ini menghasilkan banyak pebasket muda berkualitas. Sebut saja Fernando Manangsang, Andrew W. Lensun, Christ Sembel, dan  Greans Tangkulung. Keempatnya sukses membawa tim basket Sulut meraih perak di PON XX 2021 di Papua.

Sejak pandemi Covid-19 merebak di Indonesia pada triwulan pertama 2020, Stephanus punya hobi baru, yakni bersepeda. Pria 53 tahun ini rupanya jatuh cinta dengan olahraga gowes. Bersepeda menjadi aktivitas wajib setiap pekan. Stephanus kini tercatat sebagai member komunitas Pakasaan RC Tomohon.

"Saya cyclist produk pandemi. Saya Bersepeda itu ternyata sangat fun dan bikin happy. Selain dapat sehat, juga mendapatkan banyak teman dan relasi. Juga untuk menikmati alam ciptaan Tuhan yang indah ini," ungkap Stephanus.

Ketika mendengar Mainsepeda.com menyelenggarakan Mandiri Sulut KOM Challenge 2022, Stephanus bergegas mendaftar. Ia turun di kelas Men 51+. Sebagai cyclist asli Tomohon, Stephanus bangga karena rute Mandiri Sulut KOM Challenge 2022 melalui kota kelahirannya.

"Saya sebenarnya ada event running di Bandung. Sudah daftar juga. Tapi saya lebih memilih ikut Mandiri Sulut KOM Challenge," ungkapnya.

Ia terpesona oleh rute di hari pertama. Start dari Kantor Gubernur Sulut di Kota Manado, peserta lalu gowes ke Minahasa, Minahasa Utara, Kota Tomohon, dan kembali ke Manado. Melalui objek wisata unggulan di Sulut seperti Danau Tondano dan Danau Linow. Lalu peserta diajak menikmati keindahan Tetetana Hill.

"Pemandangannya luar biasa. Terima kasih untuk Mainsepeda yang sudah memprakarsai event di Sulawesi Utara. Ini event yang luar biasa. Semoga tahun depan bisa dilaksanakan lagi," bilang Stephanus.

Ia juga mengajak cyclist lain untuk gowes ke Sulut. Utamanya di Kota Tomohon, daerah asalnya. Menurutnya, Tomohon adalah kota yang cocok untuk destinasi gowes. Berada di kaki Gunung Lokon dan Gunung Mahawu. Kota ini juga punya Danau Linow yang luar biasa indah.

"Danau Linow ini salah satu potensi wisata di Sulawesi Utara. Pemandangannya bagus. Punya tiga warna yang menjadi ciri khasnya. Ditambah lagi cuaca di Kota Tomohon yang sejuk. Jadi, untuk teman-teman cyclist, ayo datang ke Tomohon," ajak Stephanus.

Mandiri Sulut KOM Challenge 2022 dipersembahkan oleh Mainsepeda.com dan Bank Mandiri. Didukung oleh Pemprov Sulut, dan Manado Cycling Mania. Azawear.com, Strive, Pemkot Tomohon, Pemkot Manado, Pemkab Minahasa, dan Pemkab Minahasa Utara sebagai official partners. Serta AA SoS, Wdnsdy Bike, SUB Jersey, Johnny Ray Cycling, Disway.id National Network, ISSI, Manado Post, Redo Coffee sebagai supporting partners. (mainsepeda) 

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 100


COMMENTS