Philipsen Menang di Champs-Élysées, Vingegaard Raih Dua Jersey


Minggu, 24 Juli 2022 adalah hari yang sudah dinantikan begitu lama oleh Jumbo-Visma. Skuad yang terdaftar di Belanda tersebut mengantarkan Jonas Vingegaard sebagai juara overall di Tour de France 2022. Selain itu, ada Wout van Aert yang mendominasi Points Classification di event balap sepeda paling akbar di dunia itu.

Tour de France 2022 telah memasuki Etape 21. Dalam tahapan final ini, para pembalap melaju dari Paris La Défense Arena menuju Champs-Élysées di Paris. Total jaraknya 115,6 kilometer. Tahapan ini tak ubahnya parade juara Vingegaard bersama tim Jumbo-Visma.

Vingegaard bersama seluruh pembalap tim Jumbo-Visma berfoto rapi di depan peloton. Pembalap asal Denmark itu mengenakan yellow jersey. Aksesoris lainnya pun serba kuning. Mulai dari kacamata, bar tape, kaus kaki, serta sarung tangan.

Tak ketinggalan, sepeda Cervelo yang ditunggangi Vingegaard pun dibumbui dengan corak kuning. Hanya Wout van Aert yang tampil beda. Superstar asal Belgia itu menggunakan jersey, sepeda, dan aksesoris pendukung lainnya yang serba hijau.

Wout van Aert dianugerahi jersey hijau setelah memuncaki Points Classification

Kelima pembalap Jumbo-Visma itu juga berselebrasi dengan memegang bib number milik tiga rekannya yang out dari Tour de France 2022 sebelum Etape 21. Mereka adalah Primoz Roglic, Steven Kruijswijk, serta Nathan Van Hooydonck.

"Kemenangan ini berarti segalanya bagi saya. Ini adalah hadiah paling bergengsi dalam olahraga sepeda. Inilah balapan terbesar di dunia. Tim kami melakukan pekerjaan yang fantastis sebagai tim dalam beberapa minggu terakhir. Kami akan merayakan ini," bilang Vingegaard dilansir laman resmi Jumbo-Visma.

Rider 25 tahun ini membawa pulang dua jersey sekaligus dari Tour de France 2022. Sebagai pemuncak General Classification, ia berhak atas jersey kuning. Vingegaard mengungguli Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) dan Geraint Thomas (Ineos Grenadiers). Selain itu, ia juga mendapatkan polkadot jersey usai memuncaki Mountains Classification.

"Saya berterima kasih kepada setiap anggota tim, baik rekan sesama pembalap maupun staf. Sejak tahun lalu saya percaya saya bisa memenangkan Tour de France. Fakta bahwa impian saya menjadi kenyataan adalah perasaan yang tak terlukiskan. Ini adalah momen terbaik dalam hidup saya," aku ayah satu anak ini.

Sementara green jersey menjadi milik Van Aert. Ia telah mendominasi Points Classification sejak etape kedua. Ia unggul sangat jauh, hampir 200 poin, dari pesaing terdekatnya, yakni rider tim Alpecin-Deceuninck, Jasper Philipsen. Van Aert juga dianugerahi Combativity Award di Tour de France musim ini.

Philipsen sendiri berhasil mewujudkan mimpinya menang sprint di Champs-Élysées. Rider asal Belgia tersebut mencatatkan waktu 2 jam 58 menit 32 detik. Dua sprinter kenamaan, Dylan Groenewegen (BikeExchange-Jayco) dan Alexander Kristoff (Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux) finis kedua dan ketiga.

Philipsen begitu bahagia. Maklum, ia hampir menang di Champs-Élysées pada Tour de France tahun lalu. Akan tetapi, Van Aert terlalu tangguh pada saat itu. "Saya tahu rasanya kalah di Tour de France. Saat saya berhasil memenanginya, rasanya luar biasa," ungkap Philipsen. (mainsepeda)

Hasil Etape 21 Tour de France 2022 (Top Ten)
1. Jasper Philipsen (Belgia), Alpecin-Deceuninck 2 jam 58 menit 32 detik
2. Dylan Groenewegen (Belanda), BikeExchange-Jayco +0
3. Alexander Kristoff (Norwegia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +0
4. Jasper Stuyven (Begial), Trek-Segafredo +0
5. Peter Sagan (Slovakia), TotalEnergies +0
6. Jeremy Lecroq (Prancis), B&B Hotels-KTM +0
7. Danny van Poppel (Belanda), Bora-Hansgrohe +0
8. Caleb Ewan (Australia), Lotto-Soudal +0
9. Hugo Hofstetter (Prancis), Arkea-Samsic +0
10. Fred Wright (Inggris), Bahrain Victorious +0

Finas General Classification (Top Ten)
1. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma 79 jam 33 menit 20 detik
2. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +2:43
3. Geraint Thomas (Wales), Ineos Grenadiers +7:22
4. David Gaudu (Prancis), Groupama-FDJ +13:39
5. Aleksandr Vlasov (Rusia), Bora-Hansgrohe +15:46
6. Nairo Quintana (Kolombia), Arkea-Samsic +16:33
7. Romain Bardet (Prancis), Team DSM +18:11
8. Louis Meintjes (Afrika Selatan), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +18:44
9. Aleksey Lutsenko (Kazakhstan), Astana Qazaqstan +22:56
10. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +24:52

Points Classification
Wout van Aert (Jumbo-Visma)

Mountains Classification
Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma)

Young Riders Classification
Tadej Pogacar (UAE-Team Emirates)

Teams Classification
Ineos Grenadiers

Combativity Award
Wout van Aert (Jumbo-Visma)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 100

Foto: Getty Images


COMMENTS