Laporte Mempertegas Dominasi Jumbo-Visma


Akhirnya ada pembalap Prancis yang meraih kemenangan etape di Tour de France 2022. Sosok tersebut adalah Christophe Laporte. Pembalap tim Jumbo-Visma tersebut finis pertama di Etape 19 Tour de France 2022 pada Jumat, 22 Juli 2022. Ini adalah kemenangan pertamanya di Grand Tour.

Laporte lebih banyak berperan sebagai domestique selama Tour de France musim ini. Pembalap 29 tahun itu bertugas untuk menyukseskan Wout van Aert dalam misi perburuan jersey hijau. Tak hanya itu saja, Laporte juga menjadi tim pendukung Jonas Vingegaard dalam misi meraih jersey kuning.

Setelah bertugas selama 18 etape, Laporte akhirnya mendapatkan kesempatan untuk mengejar podium di Tour de France musim ini. Momen tersebut didapatkan di Etape 19 di mana ia harus berjuang dalam adu sprint untuk menggapai kemenangan terbesarnya itu.

"Wout berkata sebelum lomba bahwa pada hari ini adalah kesempatan saya untuk menang. Wout terakhir kali mengatakannya di Paris-Nice. Hal itu memberi saya keberuntungan," ungkap Laporte.

Laporte memeluk Vingegaard setelah berakhirnya Etape 19

Etape 19 menempuh rute sepanjang 188,5 kilometer. Para pembalap start dari Castelnau-Magnoac ke Cahors. Kemenangan Laporte didapatkan setelah ia bermanuver di sisa 500 meter terakhir. Usai melewati Matej Mohoric (Bahrain Victorious) dan Quinn Simmons (Trek-Segafredo), Laporte melaju sendirian menuju garis finis.

Laporte menuntaskan tahapan ini dalam waktu 3 jam 52 menit 4 detik. Jasper Philipsen (Alpecin-Deceuninck) dan Alberto Dainese (Team DSM) finis kedua dan ketiga dengan selisih satu detik. "Ini adalah hari terbaik dalam karier saya. Saya sangat bahagia dan tidak percaya bisa meraih kemenangan ini," bilang Laporte.

Kemenangan Laporte mempertegas dominasi Jumbo-Visma di Tour de France 2022. Tim asal Belanda itu telah mengantongi lima kemenangan etape sejauh ini. Selain itu, mereka juga mengunci puncak tabel GC, mountains classification, dan points classification.

Laporte mengaku bahwa keputusannya untuk bergabung dengan Jumbo-Visma pada musim ini sangat tepat. Bahkan disebut sebagai keputusan terbaik yang pernah dibuat. "Saya tidak pernah merasa sebaik saat ini. Tim Jumbo-Visma selalu mempersiapkan segalanya dengan sempurna," sebut eks pembalap Cofidis itu.

Sementara itu, rekan setim Laporte Jonas Vingegaard finis di posisi ke-13 di etape ini. Pembalap asal Denmark itu masih bertahan di puncak General Classification (GC). Vingegaard unggul lebih dari tiga menit dari sang juara bertahan Tadej Pogacar (UAE Team Emirates).

Vingegaard harus bertahan di dua etape pemungkas untuk mengamankan yellow jersey di Tour de France musim ini. Selanjutnya, Etape 20 akan berlangsung balapan Individual Time Trial (ITT). Panjang rutenya 40,7 kilometer. Start dari Lacapelle-Marival menuju Rocamadour. (mainsepeda)

Hasil Etape 19 Tour de France 2022 (Top Ten)
1. Christophe Laporte (Prancis), Jumbo-Visma 3 jam 52 menit 4 detik
2. Jasper Philipsen (Belgia), Alpecin-Deceuninck +1
3. Alberto Dainese (Italia), Team DSM +1
4. Florian Senechal (Prancis), QuickStep Alpha Vinyl +1
5. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +1
6. Amaury Capiot (Belgia), Arkea-Samsic +1
7. Dylan Groenewegen (Belanda), BikeExchange-Jayco +1
8. Hugo Hofstetter (Prancis), Arkea-Samsic +1
9. Luka Mezgec (Slovenia), BikeExchange-Jayco +1
10. Caleb Ewan (Australia), Lotto Soudal +1

General Classification usai 19 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma 75 jam 45 menit 34 detik
2. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +3:26
3. Geraint Thomas (Wales), Ineos Grenadiers +8:00
4. David Gaudu (Prancis), Groupama-FDJ +11:05
5. Nairo Quintana (Kolombia), Arkea-Samsic +13:35
6. Louis Meintjes (Afrika Selatan), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +13:43
7. Aleksandr Vlasov (Rusia), Bora-Hansgrohe +14:10
8. Romain Bardet (Prancis), Team DSM +16:11
9. Aleksey Lutsenko (Kazakhstan), Astana Qazaqstan +20:09
10. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +20:17

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 100

Foto: Getty Images


COMMENTS