Vingegaard Menang dan Menggulingkan Pogacar


Tadej Pogacar(UAE Team Emirates) lengser dari singgasananya di puncak General Classification (GC). Pembalap kelahiran Slovenia itu tercecer di Etape 11 Tour de France 2022 pada Rabu, 13 Juli 2022. Tahapan ini dimenangkan Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma). Rider asal Denmark ini juga berhasil merebut jersey kuning.

Etape 11 merupakan salah satu yang terberat di Tour de France tahun ini. Para pembalap harus nanjak ke Col de Granon untuk mencapai garis finis. Peloton harus mendaki empat tanjakan. Dua di antaranya termasuk Hors Categorie (HC).

Tanjakan HC pertama adalah Col du Galibier. Ini adalah tanjakan sepanjang 17,6 kilometer dengan gradien 6,8 persen. Kemudian peserta harus nanjak di Col du Granon untuk mencapai garis finis. Ini adalah tanjakan dengan gradien rata-rata 9,1 persen. Panjangnya 11,4 kilometer.

Tanjakan di Pegunungan Alpen ini menjadi tempat di mana Pogacar kehilangan yellow jersey di Tour de France 2022. Balapan berlangsung seru karena beberapa kali tim Jumbo-Visma yang dikomando Primoz Roglic dan Vingegaard, berusaha membuat Pogacar menghabiskan banyak tenaga di pertengahan lomba.

Caranya, mereka beberapa kali melakukan manuver dengan keluar dari peloton. Kemudian mengejar kelompok breakaway di mana Van Aert termasuk di grup itu. Pogacar yang kehilangan George Bennett karena positif Covid-19, tampil tanpa pengawalan. Membuatnya bekerja nyaris sendirian saat mulai nanjak di Col du Granon.

Vingegaard melaju secepat kilat di tanjakan ini. Satu per satu pembalap breakaway berhasil ditangkap oleh rider asal Denmark itu. Luar biasa, Vingegaard sukses menuntaskan tahapan ini dengan catatan waktu waktu 4 jam 18 menit 2 detik. Ia unggul sangat jauh dari para pesaingnya. Termasuk Pogacar.

Posisi kedua ditempati Nairo Quintana (Arkea Samsic) dengan selisih 59 detik. Sementara Romain Bardet (Team, DSM) berada di tempat ketiga dengan gap 1 menit 10 detik. Sementara itu, Pogacar finis ketujuh dengan selisih hampir tiga menit.

"Jika saya tidak mencoba apa pun di sini, saya mungkin akan menjadi yang kedua lagi. Tetapi saya lebih suka mencoba sesuatu dan meraih kemenangan seperti yang kami lakukan hari ini. Saya pikir itu menunjukkan mentalitas tim. Itu luar biasa bagi saya dan juga tim," ucap Vingegaard.

Hasil Etape 11 mengubah klasemen pembalap di General Classification (GC). Vingegaard naik dua peringkat ke posisi pertama. Ia menggulingkan Pogacar dan merebut jersey kuning dari sang juara bertahan. Bardet naik ke peringkat dua dengan gap 2 menit 16 detik. Pogacar berada di posisi ketiga dengan selisih 2 menit 22 detik.

Selanjutnya, Etape 12 kembali menjadi ajang pertarungan para climber. Tahapan ini start dari Briançon menuju puncak L'Alpe d'Huez. Panjang rutenya 165,1 kilometer. Pembalap disajikan dengan tiga tanjakan HC, yakni Col du Galibier, Col de la Croix de Fer, dan L'Alpe d'Huez. (mainsepeda)

Hasil Etape 11 Tour de France 2022 (Top Ten)
1. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma 4 jam 18 menit 2 detik
2. Nairo Quintana (Kolombia), Arkea-Samsic +59
3. Romain Bardet (Prancis), Team DSM +1:10
4. Geraint Thomas (Wales), Ineos Grenadiers +1:38
5. David Gaudu (Prancis), Groupama-FDJ +2:04
6. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +2:10
7. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +2:51
8. Aleksey Lutsenko (Kazakhstan) Astana-Qazaqstan +3:38
9. Steven Kruijswijk (Belanda), Jumbo-Visma +3:59
10. Warren Barguil (Prancis), Arkea-Samsic +4:16

General Classification usai 11 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma 41 jam 29 menit 59 detik
2. Romain Bardet (Prancis), Team DSM +2:16
3. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +2:22
4. Geraint Thomas (Wales), Ineos Grenadiers +2:26
5. Nairo Quintana (Kolombia), Arkea-Samsic +2:37
6. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +3:06
7. David Gaudu (Prancis), Groupama-FDJ +3:13
8. Aleksandr Vlasov (Rusia), Bora-Hansgrohe +7:23
9. Aleksey Lutsenko (Kazakhstan) Astana Qazaqstan +8:07
10. Enric Mas (Spanyol), Movistar +9:29

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 98

Foto: Getty Images


COMMENTS