Oljen CC Aktif Gowes, Bakti Sosial, dan Promosi Wisata Sulsel


Selamat ulang tahun Oljen CC. Komunitas road bike asal Makassar tersebut baru saja merayakan hari jadinya yang pertama. Dari segelintir pesepeda yang sering berjumpa di kedai kopi, kini Oljen CC telah berkembang dan beranggotakan 175 cyclist.

Sejak terbentuk pada tahun lalu, Oljen CC memang aktif di dunia sepeda. Berbagai kegiatan gowes di berbagai kota sudah dilakukan sepanjang setahun ini. Mulai dari Bira di Kabupaten Bulukumba, Bone, Parepare, Pinrang, bahkan ke Bali.

"Kami membentuk Oljen CC karena memiliki kesamaan hobi dan visi. Harapannya semua anggota tak hanya ingin hidup sehat saja, tapi juga ingin memberikan sumbangsih kepada sesama masyarakat sekitar kita yang kurang mampu melalui kegiatan bakti sosial," ucap Halim Suidra, Ketua Oljen CC.

Seperti yang disinggung oleh Halim, Oljen CC tidak hanya berkutat dengan hobi bersepeda saja. Mereka sering melaksanakan kegiatan sosial hingga donor darah yang diadakan tiap tiga bulan sekali. Seluruh kegiatan itu dilaksanakan dengan semangat kekeluargaan.

"Kami tidak pilih-pilih. Semua boleh bergabung dengan kami. Syaratnya hanya menghormati peraturan. Setiap kegiatan touring dan kegiatan sosial pun tidak dipatok biaya. Jika ada anggota kami yang memiliki rezeki lebih, biasanya mereka juga secara sukarela membantu persiapan touring," terang H.M. Syahrir, pembina Oljen CC.

BACA JUGA: Oljen CC Tertantang Tuntaskan Rute Panjang dalam Sehari

Untuk menjaga performa dan kondisi fisik, Oljen CC sering mengadakan latihan tiap pekan. Mereka juga terbuka dengan anggota baru atau cyclist pemula. Serta tidak segan untuk berbagi ilmu dan keterampilan bersepeda. Harapannya, seluruh cyclist aman saat berkendara di jalan raya.

"Keselamatan adalah hal wajib yang harus diperhatikan sebelum gowes. Safety first," tegas Halim Suidra.

Oljen CC aktif di media sosial di mana mereka sering mengunggah foto keindahan destinasi gowes di Sulawesi Selatan (Sulsel). Cara sederhana ini diharapkan menggugah minat cyclist di Indonesia untuk gowes di Sulsel. Sebab wilayah ini punya beragam destinasi gowes yang menarik.

"Kami masih mempunyai mimpi menjelajahi berbagai kota di Sulawesi Selatan. Juga mengadakan touring ke luar wilayah Sulawesi Selatan lainnya," ungkap Halim Suidra.

Oljen CC juga berharap bisa bersinergi dengan instansi pemerintah daerah untuk turut mendongkrak pariwisata di Sulawesi Selatan. "Agar pecinta sepeda, apa pun jenisnya, dapat berwisata sekaligus bersepeda di sini," harap Hali, Suidra. (mainsepeda) 

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 97

Foto: Dokumentasi Oljen CC


COMMENTS