Konsep one day cycling menjadi salah satu ciri dari Oljen CC. Komunitas asal Makassar, Sulawesi Selatan itu resmi terbentuk pada 4 Juli 2021 lalu. Mereka memiliki slogan bersatu dalam semangat kebersamaan.

Ketua Oljen CC Halim Suidra menceritakan, awalnya komunitas ini dimulai dari gowes One Day Toraja. Event bersepeda dari Makassar ke Tana Toraja itu berlangsung pada April lalu.

"Dari beberapa teman yang sama-sama suka gowes dan saling merasa ada kebersamaan. Lalu buat gowes ke Toraja itu. Baru kemudian terbentuk Oljen," kata Halim.

Pada saat itu mereka menempuh jarak 270 kilometer dengan elevasi mencapai 1.900 meter. Rute tersebut mereka selesaikan dalam waktu 15 jam. Ada sekitar 23 orang yang ikut.

Tidak berhenti di situ. Oljen CC memiliki rencana membuat gowes dari Makassar menuju Pantai Bira sejauh 190 kilometer. Kemudian juga gowes Makassar-Palopo sejauh 370 kilometer. Semua ditempuh dalam satu hari. Sesuai konsep sesuai dengan tulisan yang tertera di jersey mereka, yaitu one day.

"Kami merasa tertantang bisa menyelesaikan rute dalam satu hari. Ada kepuasan tersendiri. Sekalian bisa dirasakan capeknya, lalu bisa istirahat, dan menikmati daerah tujuan," kata pria asal Makassar itu.

Saat ini anggota Oljen CC mencapai 45 orang. Dengan rata-rata 30 orang yang aktif per kegiatan. Mereka memiliki jadwal rutin gowes dalam kota pada Selasa, Rabu, dan Kamis dengan jarak 35-40 kilometer. Pada akhir pekan, mereka ke luar Makassar dengan rute di atas 50 kilometer.

Nama Oljen sendiri singkatan dari "Olo Olo Je’ne". Diambil dari Bahasa Bugis yang berarti hewan yang sangat kecil dan mirip cacing air. Halim mengatakan, ada prinsip yang mereka ambil menggunakan nama hewan yang tidak bisa itu. "Sebab Mereka bergerak bebas dinamis dan aktif tanpa menimbulkan percikan air," katanya.

"Para member Oljen diibaratkan sekumpulan olo olo yang nggak perlu diperhitungkan. Mereka bergerak bebas dalam kebersamaan. Bebas disini maksudnya bukan tanpa aturan tetapi bebas berkreasi dalam aktivitas, dinamis dalam komunitas dan aktif dalam setiap kegiatan," jabar Dragon Ball, sapaannya. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 50

Foto: Dokumentasi Oljen CC


COMMENTS