Yves Lampaert (QuickStep Alpha Vinyl) membikin kejutan di Tour de France 2022. Pembalap asal Belgia tersebut memenangi etape pembuka pada Jumat, 1 Juli 2022. Kemenangan ini membawa Lampaert merebut jersey kuning pertama di panggung paling bergengsi di dunia tersebut.

Tour de France tahun ini dibuka di Denmark. Etape pertama adalah balapan individual time trial (ITT) di ibu kota Denmark, Kopenhagen. Pembalap Italia, Filippo Ganna menjadi favorit utama. Sebab rider Ineos Grenadiers itu adalah juara dunia ITT dalam dua tahun terakhir.

Selain Ganna, terdapat superstar lain yang cukup baik di time trial. Seperti duo pembalap Jumbo-Visma, Wout van Aert dan Primoz Roglic, serta juara bertahan Tourde France, Tadej Pogacar (UAE Team Emirates). Ada pula Mathieu van der Poel (Alpecin-Deceuninck) yang menggunakan jersey canggih demi menang di Etape 1.

Akan tetapi, Lampaert lah pemenangnya. Pembalap 31 tahun ini menuntaskan rute sepanjang 13,2 kilometer dengan catatan waktu 15 menit 17 detik. Van Aert menempati urutan kedua dengap gap lima detik. Pogacar finis ketiga dengan selisih tujuh detik.

Hasil ini cukup berkesan mengingat Lampaert bukan pembalap spesialis time trial. Meski pernah menjadi juara nasional ITT Belgia pada 2017 dan 2021, Lampaert cuma mencatat lima kemenangan ITT selama satu dekade kariernya di balap sepeda. Termasuk kemenangan di Etape 1 Tour de France 2022 ini.

Dalam keterangannya selepas lomba, Lampaert mengaku kaget dan tidak menyangka. Ia terheran-heran karena berhasil finis pertama dalam balapan ITT di Kopenhagen. Apalagi, Lampaert hanya berekspektasi finis sepuluh besar di tahapan ini.

"Namun entah bagaimana saya bisa mengalahkan pembalap-pembalap terbaik di dunia di etape ini. Kemenangan ini tidak pernah saya impikan sebelumnya," bilang Lampaert dengan terisak tangis.

Kemenangan Lampaert melanjutkan sukses QuickStep Alpha Vinyl untuk selalu memenangi etape pertama sejak Tour de France tahun lalu. Sebelumnya, skuad asal Belgia itu membawa Julian Alaphilippe sebagai pemenang di etape pertama Tour de France 2021.

"Mengalahkan semua orang ini adalah hal yang luar biasa bagi saya. Nanti, ketika kembali ke keluarga, saya bisa berbangga diri atas apa yang telah saya lakukan di sini. Saya merasa terhormat mengenakan jersey kuning ini," imbuh Lampaert.

Etape kedua Tour de France 2022 masih berlangsung di Denmark. Para pembalap akan melaju di rute sepanjang 202,2 kilometer. Membentang dari Roskilde menuju Nyborg. Medannya cenderung flat. Tahapan ini akan menjadi santapan empuk bagi para sprinter. (mainsepeda)

Hasil Etape 1 Tour de France 2022 (Top Ten)
1. Yves Lampaert (Belgia), QuickStep Alpha Vinyl 15 menit 17 detik
2. Wout Van Aert (Belgia), Jumbo-Visma +5
3. Tadej Pogačar (Slovenia), UAE Team Emirates +7
4. Filippo Ganna (Italia), Ineos Grenadiers +10
5. Mathieu van der Poel (Belanda), Alpecin-Deceuninck +13
6. Mads Pedersen (Denmark), Trek-Segafredo +15
7. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +15
8. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +16
9. Bauke Mollema (Belanda), Trek-Segafredo +17
10. Dylan Teuns (Belgia), Bahrain Victorious +20

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 95

Foto: Getty Images


COMMENTS