Badai Covid Menerjang Tour de Suisse


Sejumlah peserta Tour de France 2022 sedang khawatir. Persiapan mereka terancam tidak maksimal karena terpapar Covid-19 di Tour de Suisse. Ada banyak pembalap yang diplot tampil di Tour de France 2022, positif Covid-19 di Swiss.

Tour de Suisse merupakan agenda WorldTour terakhir sebelum Tour de France 2022. Event ini berlangsung 12–19 Juni. Banyak tim yang menurunkan pembalap terbaiknya di ajang ini. Salah satunya Ineos Grenadiers. Mereka diperkuat Adam Yates yang diproyeksikan menjadi leader di Tour de France nanti.

Semula, kondisinya baik-baik saja. Tensi mulai naik sebelum dimulainya Etape 5. Jumbo-Visma mundur dari lomba karena ditemukan kasus positif Covid-19 di timnya. Kemudian giliran Yates yang angkat kaki lantaran terjangkit Covid-19.

Kondisi Yates bisa merugikan Ineos Grenadiers. Semam tim mapan asal Inggris tersebut berencana menurunkan trisula Yates, Daniel Felipe Martínez, dan Geraint Thomas di Tour de France 2022.

Badai ini berlanjut sebelum dimulainya Etape 6 pada Jumat, 17 Juni 2022. Bahrain Victorious, Alpecin-Fenix, dan UAE Team Emirates mundur dari balapan karena masalah yang sama. UEA Team Emirates menyatakan Marc Hirschi dan Diego Ulissi terjangkit Covid. Untuk mengurangi risiko, mereka memutuskan tidak mundur dari Tour de Suisse.

"Sayangnya, seperti banyak tim lain, kami juga mengalami lonjakan kasus Covid-19. Pembalap kami yang terkena dampak telah sepenuhnya dites dan hanya memiliki gejala ringan. Pembalap yang berbagi kamar dengan mereka yang positif, dianggap memiliki risiko tinggi," jelas Adrian Rotunno, Direktur Medis UAE Team Emirates.

Aleksandr Vlasov (Bora-Hansgrohe) yang memuncaki General Classification (GC) usai Etape 5, juga dinyatakan positif Covid-19. Padahal, pembalap asal Rusia tersebut digadang-gadang sebagai leader di Tour de France 2022 nanti.

Selain nama-nama di atas, Tom Pidcock (Ineos Grenadiers) serta Hugh Carthy dan Rigoberto Urán dari EF Education EasyPost, juga dinyatakan positif. Tour de Suisse hanya menyisakan 100 pembalap dari total 153 peserta yang berpartisipasi.

"Perwakilan UCI, tim, pebalap dan manajemen Tour bersama-sama menilai situasi kesehatan dan memutuskan untuk melanjutkan balapan. Semua yang terlibat diminta untuk secara konsisten mematuhi konsep perlindungan korona di Tour de Suisse," bunyi pernyataan resmi penyelenggara Tour de Suisse. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 91

Foto: Getty Images


COMMENTS