Van der Poel Alihkan Fokus ke Tour de France


Mathieu van der Poel (Alpecin-Fenix) menepati janjinya untuk menyelesaikan Giro d'Italia 2022 hingga tahapan pemungkas, Minggu (20/5) lalu. Rider asal Belanda itu mendapatkan satu kemenangan etape. Sayang, ia gagal membawa pulang maglia ciclamino (jersey ungu) dari Negeri Pisa.

Sebelum balapan ini dimulai, Van der Poel telah berikrar untuk menjalani Giro d'Italia 2022 dari Etape 1 hingga 21. Ia memenangi etape pembuka dan menguasai maglia rosa (jersey pink) hingga tiga etape awal. Van der Poel menyelesaikan Giro 2022 dengan finis ketiga di balapan Individual Time Trial (ITT) di Etape 21.

"Giro baru saja menjadi pengalaman yang luar biasa dan saya sangat senang dengan Giro ini," ungkap Van der Poel dilansir Cyclingnews.

Van der Poel bertahan di Italia setelah berakhirnya Giro. Ia akan menjalani kamp ketinggian di Livigno. Inilah persiapan terakhirnya sebelum turun di Tour de France yang akan dimulai pada 1 Juli mendatang. Van der Poel hanya memiliki waktu persiapan kurang lebih sebulan sebelum bertarung di Prancis.

"Saya merasa lebih baik dari yang diharapkan setelah tiga minggu balapan di Giro. Akan tetapi, sekarang saya pikir akan beristirahat sejenak," imbuhnya.

Terlepas dari beberapa breakaway di mountain stage di Giro 2022, Van der Poel menegaskan tidak akan mengincar maillot jaune (yellow jersey) di Tour de France nanti. Ia bukan pembalap yang memburu General Classification (GC). Van der Poel lebih suka balapan klasik atau one day race. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 86

Foto: Getty Images


COMMENTS