Sebelum Giro d'Italia 2022 dimulai, sempat muncul sebuah pertanyaan tentang siapa bisa mengalahkan Richard Carapaz dan Ineos Grenadiers. Jika melihat skuad yang diturunkan, serta fasilitas pendukung lainnya, Carapaz dan Ineos Grenadiers adalah perpaduan yang pas. Namun, ambisi mereka digagalkan Jai Hindley (Bora-Hansgrohe).

Ineos Grenadiers datang ke Negeri Pisa dengan misi hat-trick juara. Mereka merebut maglia rosa (jersey pink) pada Giro 2020 melalui Tao Geoghegan Hart (2020). Kemudian back-to-back juara setelah Egan Bernal menjadi yang terbaik di Giro 2021. Bersama Carapaz sebagai leader musim ini, mereka yakin bisa juara tiga kali beruntun di Giro.

BACA JUGA: Siapa Bisa Kalahkan Carapaz dan Ineos di Giro 2022?

Akan tetapi, ambisi tersebut gagal terwujud karena Carapaz tampil mengecewakan di Etape 20 pada Sabtu, 28 Mei 2022. Keunggulan tiga detik atas Hindley di akhir Etape 19, berubah menjadi ketertinggalan lebih dari satu menit dari pembalap asal Australia tersebut.

Sialnya, Carapaz tidak bisa mengubah keadaan dalam lomba individual time trial (ITT) di Etape 21 pada Minggu, 29 Mei 2022. Tahapan ini dimenangkan Matteo Sobrero (BikeExchange-Jayco). Ia melibas rute sepanjang 17,4 kilometer dengan catatan waktu 22 menit 24 detik.

Carapaz yang tercatat sebagai juara nasional ITT Ekuador, finis kesepuluh dengan selisih 1 menit 24 detik dari Sobrero. Sementara Hindley finis ke-15. Ia terpaut 1 menit 31 detik dari Sobrero, serta tujuh detik lebih lama daripada Carapaz.

Hasil ini cukup untuk memastikan Hindley sebagai juara baru di Giro d'Italia. Rider 26 tahun tersebut terpaut 1 menit 18 detik dari Carapaz di klasemen overall. Sedangkan tempat ketiga dihuni Mikel Landa (Bahrain Victorious). "Perasaan yang indah. Kemenangan ini benar-benar terasa luar biasa," aku Hindley seusai lomba.

Hindley mengaku sangat emosional di tahapan pemungkas ini. Ia teringat hasil pahit di Giro d'Italia 2020. Ketika itu Hindley menguasai maglia rosa di Etape 20. Namun ia terseok-seok dalam balapan ITT di Etape 21. Akhirnya, gelar juara melayang ke tangan Tao Geoghegan Hart.

"Saya mengingat kembali apa yang terjadi pada tahun 2020, dan saya tidak akan membiarkan itu terjadi lagi," tegas eks pembalap Team Sunweb tersebut.

Kemenangan ini sangat bersejarah untuk balap sepeda Australia. Sebab, Hindley adalah pembalap Australia pertama yang menjuarai Giro d'Italia. Ia juga menjadi pembalap Australia kedua yang memenangi Grand Tour setelah Cadel Evans menjuarai Tour de France 2011.

"Ini benar-benar luar biasa. Saya sangat bangga menjadi orang Australia. Saya senang bisa membawa pulang gelar juara di Giro d'Italia," imbuhnya. 

Sementara itu, Arnaud Demare (Groupama-FDJ) berhasil membawa pulang maglia ciclamino (jersey ungu). Rider asal Prancis tersebut tak tergoyahkan di puncak Points Classification. Jersey biru sebagai simbol penguasa Mountains Classification, menjadi milik Koen Bouwman (Jumbo-Visma). Sedangkan Juan Pedro Lopez (Trek-Segafredo) menjadi pemuncak di Young Riders Classification. (mainsepeda)

Hasil Etape 21 Giro d'Italia 2022 (Top Ten)
1. Matteo Sobrero (Italia), BikeExchange-Jayco 22 menit 24 detik
2. Thymen Arensman (Belanda), Team DSM +23
3. Mathieu van der Poel (Belanda), Alpecin-Fenix +40
4. Bauke Mollema (Belanda), Trek-Segafredo +1:08
5. Ben Tulett (Inggris), Ineos Grenadiers +1:12
6. Mauro Schmid (Swiss), QuickStep Alpha Vinyl +1:17
7. Magnus Cort (Denmark), EF Education-EasyPost +1:18
8. Tobias Foss (Norwegia), Jumbo-Visma +1:19
9. Michael Hepburn (Australia), BikeExchange-Jayco +1:24
10. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +1:24

Final General Classification (Top Ten)
1. Jai Hindley (Australia), Bora-Hansgrohe +86 jam 31 menit 14 detik
2. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers 1:18
3. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain Victorious +3:24
4. Vincenzo Nibali (Italia), Astana Qazaqstan Team +9:02
5. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +9:14
6. Jan Hirt (Ceko), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +9:28
7. Emanuel Buchmann (Jerman), Bora-Hansgrohe +13:19
8. Domenico Pozzovivo (Italia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +17:29
9. Hugh Carty (Inggris), EF Education-EasyPost +17:54
10. Juan Pedro Lopez (Spanyol), Trek-Segafredo +18:40

Points Classification
Arnaud Demare (Groupama-FDJ)

Mountains Classification
Koen Bouwman (Jumbo-Visma)

Young Riders Classification
Juan Pedro Lopez (Trek-Segafredo)

Teams Classification
Bahrain Victorious

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 86

Foto: Getty Images


COMMENTS