Dainese Catat Kemenangan Perdana di Grand Tour


Alberto Dainese (Team DSM) memang bukan pembalap unggulan di peloton WorldTour. Bahkan, namanya pun nyaris jarang terdengar. Pada Rabu, 18 Mei 2022, pembalap asal Italia itu membuat kejutan dengan memenangi Etape 11 Giro d'Italia 2022.

Tahapan ini merupakan etape terpanjang kedua di Giro 2022. Rider harus menempuh rute sejauh 203 kilometer. Membentang dari Santarcangelo di Romagna menuju Reggio Emilia. Etape ini menjadi santapan empuk sprinter. Sebab rutenya datar dari start hingga finis.

Biniam Girmay (Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux) adalah satu-satunya pembalap yang tidak start di etape ini. Rider asal Eritrea itu terpaksa angkat kaki dari Giro 2022 karena masalah penglihatan. Masalah ini sempat membuat Girmay dirawat di rumah sakit setelah memenangi Etape 10, kemarin (17/5).

Filippo Tagliani (Drone Hopper-Androni Giocattoli) dan Luca Rastelli (Bardiani-CSF-Faizanè) melakukan breakaway di awal lomba. Setelah memimpin dengan gap lebih dari empat menit, Tagliani dan Rastelli tertangkap peloton di 92 kilometer menuju finis.

Kemudian giliran Dries De Bondt (Alpecin-Fenix) yang melepaskan diri dari rombongan besar. Rider asal Belgia itu melakukan solo ride di sisa 58 kilometer. Tapi, harapan De Bondt untuk memenangi pertandingan ini sirna di kilometer pemungkas. Ia berhasil ditangkap oleh kelompok pelari cepat.

Kemudian para sprinter unjuk gigi di Reggio Emilia. Alberto Dainese (Team DSM) menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 4 jam 19 menit 4 detik. Sementara Fernando Gaviria (UAE Team Emirates) dan Simone Consonni (Cofidis) menempati posisi kedua dan ketiga.

"Ini bukan benar-benar daerah asal saya. Tapi memang dekat dengan rumah. Rasanya sangat luar biasa dapat memenangi satu tahapan di Giro. Saya tidak percaya kemenangan ini bisa saya dapatkan. Saya melewati 20 meter terakhir dengan luar biasa," ungkap Dainese selepas balapan.

Ini adalah kemenangan ketiga sepanjang karier Dainese. Sekaligus yang pertama di ajang WorldTour. Selain itu, pembalap asal Italia ini mencatat kemenangan ketiga untuk Team DSM pada musim ini.

Hasil Etape 11 tidak berpengaruh ke Juan Pedro Lopez (Trek-Segafredo) di klasemen overall. Pembalap Spanyol ini masih bertengger di puncak General Classification (GC). Tapi, ada Richard Carapaz (Ineos Grenadiers) yang siap mengambil alih jersey pink (maglia rosa). Carapaz hanya terpaut 12 detik dari Lopez. (mainsepeda)

Hasil Etape 11 Giro d'Italia 2022 (Top Ten)
1. Alberto Dainese (Italia), Team DSM  4 jam 19 menit 4 detik
2. Fernando Gaviria (Kolombia), UAE Team Emirates +0
3. Simone Consonni (Italia), Cofidis +0
4. Arnaud Demare (Prancis), Groupama-FDJ +0
5. Caleb Ewan (Australia), Lotto Soudal +0
6. Mark Cavendish (Inggris), QuickStep Alpha Vinyl +0
7. Edward Theuns (Belgia), Trek-Segafredo +0
8. Sacha Modolo (Italia), Bardiani-CSF-Faizanè +0
9. Phil Bauhaus (Jerman), Bahrain-Victorious +0
10. Lawrence Naesen (Belgia), AG2R Citroën +0

General Classification usai 11 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Juan Pedro Lopez (Spanyol), Trek-Segafredo 46 jam 43 menit 12 detik
2. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +12
3. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +12
4. Romain Bardet (Prancis), Team DSM +14
5. Jai Hindley (Australia), Bora-Hansgrohe +20
6. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +28
7. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain Victorious +29
8. Domenico Pozzovivo (Italia), Intermarché - Wanty - Gobert Matériaux +54
9. Emanuel Buchmann  (Jerman), Bora-Hansgrohe +1:09
10. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +1:22

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 85

Foto: Getty Images


COMMENTS