Hindley Akhiri Puasa Kemenangan Dua Tahun


Pembalap nonunggulan asal Spanyol, Juan Pedro Lopez (Trek-Segafredo) sukses mempertahankan maglia rosa (jersey pink) hingga pekan pertama Giro d'Italia 2022. Lopez masih berkuasa di puncak General Classification (GC) hingga berakhirnya Etape 9, Minggu (15/5). Tahapan ini berhasil dimenangi Jai Hindley (Bora-Hansgrohe).

Etape 9 menutup pekan pertama Giro 2022. Tahapan ini menyuguhkan medan sepanjang 191 kilometer di mana pembalap start dari Isernia. Kemudian mereka harus melalui lima tanjakan. Termasuk Blockhaus yang menjadi titik finis di etape ini. Blockhaus adalah tanjakan sepanjang 13,7 kilometer dengan gradien rata-rata 8,5 persen.

Etape ini dibuka dengan aksi breakaway dari sembilan pembalap. Joe Dombrowski (Astana Qazaqstan) termasuk di dalamnya. Setelah mendominasi di hampir keseluruhan lomba, kelompok breakaway mulai tertangkap peloton ketika akan nanjak ke Blockhaus.

Lalu para climber pun unjuk gigi. Mereka berusaha menjadi yang pertama mencapai puncak Blockhaus. Hindley mengakhiri perjuangannya dengan sempurna. Ia mengalahkan Romain Bardet (Team DSM) dan Richard Carapaz (Ineos Grenadiers) dalam uphill sprint di Blockhaus.

Pembalap asal Australia tersebut menyelesaikan tahapan ini dengan catatan waktui 5 jam 34 menit 44 detik. Ini merupakan kemenangan keduanya di Giro. Sekaligus podium pertama bagi pembalap 26 tahun ini setelah puasa gelar selama hampir dua tahun.

"Saya tidak terlalu berharap untuk memenangi etape ini. Semuanya datang bersamaan di kilometer terakhir. Sementara saya tahu tentang belokan kanan sebelum finis. Jadi saya melewatinya terlebih dahulu dan memberikan segalanya sampai akhir," ungkap Hindley dalam laman resmi Bora-Hansgrohe.

Hindley merasa lega karena naik podium lagi. Apalagi ia mengalami musim yang buruk pada tahun lalu. Tak ada satu kemenangan pun yang diraihnya sepanjang 2021. Beruntung rentetan tren minor ini berhasil diakhiri di Giro. Hindley berharap raihan positif ini menstimulasi kemenangan berikutnya di kemudian hari.

Kemenangan Hindley memanaskan persaingan di GC. Kini ia naik di peringkat kelima di klasemen overall. "Kami datang ke Giro dengan tiga leader dan ambisi besar. Anda tidak boleh mengabaikan siapa pun pada saat ini," tegas Hindley.

Sementara itu, Juan Pedro Lopez berhasil mempertahankan jersey pink hingga berakhirnya pekan pertama Giro 2022. Akan tetapi, ia ditempel ketat oleh pembalap-pembalap unggulan seperti Carapaz, Bardet, Joao Almeida (UAE Team Emirates), hingga Mikel Landa (Bahrain Victorious).

"Tentu saja saya tidak percaya saya akan berada di sini, di puncak Blockhaus, sebelum hari istirahat, dengan mengenakan maglia rosa. Ini adalah mimpi bagi saya," bilang Lopez dengan emosional.

Giro d'Italia 2022 akan libur Senin (16/5). Selanjutnya, balapan memasuki Etape 10 pada Selasa (17/5). Etape ini berlangsung dari Pescara menuju Jesi. Total jaraknya 196 kilometer. Tahapan ini akan menjadi santapan empuk bagi para sprinter. (mainsepeda)

Hasil Etape 9 Giro d'Italia 2022 (Top Ten)
1. Jai Hindley (Australia), Bora-Hansgrohe 5 jam 34 menit 44 detik
2. Romain Bardet (Prancis), Team DSM     +0
3. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +0
4. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain Victorious +0
5. João Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +0
6. Domenico Pozzovivo (Italia), Intermarché - Wanty - Gobert Matériaux +3
7. Emanuel Buchmann  (Jerman), Bora-Hansgrohe +16
8. Vincenzo Nibali (Italia), Astana Qazaqstan +34
9. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +46
10. Thymen Arensman (Belanda), Team DSM +58

General Classification usai 9 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Juan Pedro Lopez (Spanyol), Trek-Segafredo 37 jam 52 menit 1 detik
2. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +12
3. Romain Bardet (Prancis), Team DSM     +14
4. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +15
5. Jai Hindley (Australia), Bora-Hansgrohe +20
6. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +28
7. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain Victorious +29
8. Domenico Pozzovivo (Italia), Intermarché - Wanty - Gobert Matériaux +54
9. Emanuel Buchmann  (Jerman), Bora-Hansgrohe +1:09
10. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +1:22

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 84

Foto: Getty Images, Sprint Cycling Agency


COMMENTS